Drama Korea Terbaik Sepanjang 30 Tahun Hidup (Part 2)

Drama Korea Terbaik Sepanjang 30 Tahun Hidup (Part 2) – Tentu saja sekaligus bagian terakhir, emangnya apaan nulis nggak selesai-selesai. Mianhae kepotong disebabkan tulisan pertama sudah ribuan kata. Akan lebih baik jika dipecah saja. memecahkan tulisan setidaknya membuat kepala nggak pecah.

Soalnya punya waktu untuk berpikir kembali ke belakang.

Buat yang belum baca bagian awalnya. Ada di link yang ini. Silakan dibaca. Lanjut yaaa… *dibagian judul bisa diklik untuk tulisan lengkap.

  1. Reply 1988 (2015)

Kayaknya semacam kesukaan banyak orang ya? Saya juga suka. Apalagi nonton di masa lalu membuat saya terperangah kenapa ada drama sekocak ini, selugu ini, sampai semengharukan ini.

Nonton Reply 1988 itu semacam dapat paket komplit, ada kisah keluarga, pertemanan, percintaan, kisah bertepuk sebelah tangan yang menyakitkan dan jodoh sama tetangga. Semacam hal-hal yang ada di kehidupan biasa. Reply 1988 adalah jenis drama yang menyenangkan dan nggak ada musuh yang bikin jidat jadi mengkerut.

Dan tentu saja… saya ingat selalu suara…. “embeeeekkkkkk….”

  1. My Unfamiliar Family (2020)

Baru-baru banget pas tulisan ini dibuat. Masih hangat sekali. Sebuah drama tentang keluarga yang mengharukan sekaligus menginjak bumi buat kita-kita yang hidup dalam keluarga yang ada aja masalahnya.

Kisah cintanya ngalir banget untuk peran utama Kim Eun Hee dan Park Chan Hyeok, kisseu-nya aja ada di episode 16. Keburu abis emang. Jadi berasa kurang sama kebersamaan mereka. Kalau nanti ada tulisan rekomendasi drama korea 2020, maka drama ini jelas akan jadi salah satunya.

Nonton sampai 16 nggak ada yang saya skip. Tiap karakter punya lukanya sendiri. Karakternya kadang menjengkelkan, tapi kemudian ingin saya peluk.

  1. Princess Hours (2006)

Gilak, drama ini zaman SMA. Masih kebayang-bayang sampai sekarang. Bahkan ost dan instrumennya masih saya dengar sampai sekarang. Kalau aja Yoon Eun Hye nggak ada skandal, mungkin dia sudah jadi bintang besar. Di korea susah ya kalau udah nyangkut sama skandal. Bawaannya mau dibuang aja. Sempat nonton drama barunya. Tapi sayang, kurang laku gitu.

Ngelihat Song Ji Hyo muda dan Ju Ji Hoon muda kayaknya merupakan kesenangan tersendiri. Kalau melihat keadaan mereka sekarang, betapa saya merasa waktu sudah berjalan begitu lama. Sampai ingat, hari minggu adalah hari kesukaan saya karena bisa nonton mereka di indosiar siang-siang.

Dramanya memang tentang anak sekolahan dan tema kekerajaan. Tapi menggemaskan dan dapet banget kocak, sedih, sampai adegan kisseunya mantap anjay. Berasa paket lengkap karena musiknya nggak lekang oleh waktu.

Bahkan boneka teddy yang dibuat macam-macam pas closing juga masih keingat sampai sekarang.

  1. Kingdom (2019 dan 2020)

Ju Ji Hoon sudah om-om saat ini. Masih saja jadi pangeran. Salah satu original Netflix yang saya tunggu-tungguin banget. Punya cinematografi yang mantap sekali. Para permainnya pun sudah nggak usah diragukan. Eehhh ada Bae Doo Na lagi ya di drakor kesukaan saya.

Bae Doo Na emang langganan Netflix sih yaa. Kemampuan bahasa asingnya juga jago.

Yang bikin sedih adalah 6 episode tiap musim bisa selesai dalam satu atau dua hari. kemudian harus menanti sampai tahun berganti untuk nonton kelanjutannya.

Netflix emang kejam.

  1. Patners For Justice (2018 dan 2019)

Sama kayak Kingdom. Ketika musim keduanya tayang. Sama-sama makin cinta. Drama seperti ini bisa jadi bagus yang pertamanya aja. Tapi beda dengan Patners For Justice yang walaupun ada perubahan di musim kedua tapi sama sekali nggak kehilangan “nyawanya”.

Patners For Justice adalah genre medis dan kriminal yang punya perpaduan mantap kayak seblak. Pengen cepet-cepet abis makannya karena emang enak. Yaah kita tunggu saja musim berikutnya. Tahun 2020 belum nongol nih kayaknya? Eehh ada yang tahu kabarnya?

  1. Voice (2017)

Saya cuma demen sama musim pertamanya doang. Soalnya kurang sreg sama peran utama pria di musim kedua dan ketiga. Bawaannya masa nggak mau move on dari kumis tipisnya Jang Hyuk coba? Kan nggak banget.

Sama kayak Kingdom dan Patners For Justice, drama ini model pepet terus nggak kasih kendor sama penontonnya. Hanya saja karena drama ini diproduksi oleh OCN, maka sadisme dan kengeriannya dapat sekali.

Voice musim pertama juga menggiring saya pada OCN yang penuh dengan drama-drama kriminalnya.

  1. Listen to Love (2016)

Hampir kelupaan yaaa Tuhan. Satu drama keren dengan pemain ahjussi kesukaan Lee Sun Gyun dan yang main ada Song Ji Hyo juga. Entah kenapa, drama keluarga banyak banget yang saya suka. Bahkan ketika temanya tentang perselingkuhan.

Ketika Lee Tae Oh dalam The World of the Married bikin pengen nyantet. Medengarkan alasan sang perempuan yang bermain serong malah bikin saya nangis. Saya tahu penulis tidak sedang mencari pembenaran. Tapi sedang meluaskan pandangan.

Karena dalam hidup, pandangan kita harus meluas dan mendalam, dengan begitu, banyak hal tidak memberatkan kita dalam hidup. Episodenya juga hanya 12, jadi, solid bener dah remakenya.

Kesimpulannya Min?

Kalian mungkin sudah pernah membaca rekomendasi drakor pertahunnya. Mungkin daftar di atas bukan hal yang baru. Tapi tulisan ini adalah semacam rangkuman yang “nyangkut” banget.

Intinya, mimin besok sore ini demem sama drakor yang begini:

  1. Punya plot yang kuat dari banyak sisi. Sehingga mendapatkan keasyikan nonton dari banyak hal. Bahkan peran pembantu.
  2. Para pemain yang mainnya bagus, bukan cuma punya visual bagus dan populer. Kalian bahkan bisa lihat. Jadi, saya nggak akan pernah membayangkan Siwon, Ji Chang Wook, Kim Soo Hyun, Park Bo Geum, Lee Min Ho hadir dalam satu proyek. Sefantastis apapun para pemain kalau secara cerita nggak oke. Maka saya bilang, mianhae.
  3. Untuk drama kriminal, medis, detektif, dan semacamnya. Saya suka yang alurnya nggak ketebak dan punya hal unik. Kayak Patners for Justice dengan dokter yang gila sama kerjaannya dengan mayat, voice dengan kekuatan golden timenya, dan kingdom yang punya zombie lebih banyak dari pengikut Ayu Ting Ting di IG.
  4. Untuk drama percintaan. Kalian mending baca di sini aja. Di situ lengkap. Mau baca tulisan tentang patah hati? Bisa baca di sini. *iklan link terooooss.
  5. Cerita sederhana nggak masalah, yang penting “nyampe” ke hati. Nggak usah syuting jauh-jauh, nggak usah pakai teori yang rumit, nggak pakai chaebol dan hal mewah tidak masalah. cerita yang dekat kadang lebih masuk di kepala saya, yang kemudian menjalar ke hati. Bagaimana sebuah drama membuat saya berpikir dan berpikir. Karena sekali lagi, drama adalah proses kreatif yang bisa menimbulkan banyak efek. Kemudian ada yang bergerak di hatimu. Di hati penonton. Kemudian mengendap beberapa lama.

Yaahhh…. 30 tahun lagi-lagi.

Saya sering bertanya-tanya ke diri sendiri. mungkin suatu hari, saya nggak bisa punya banyak waktu seperti sekarang. Mungkin saya punya hal lain yang lebih penting dikerjakan dibandingkan nonton drakor.

Tapi, hal yang akan terus saya lakukan adalah menulis.

Dulu, saya demen banget sama beberapa blog tentang drakor. Tapi, blognya udah nggak diurus lagi. Pun saya memakluminya. Kemudian diam-diam saya membayangkan bagaimana ketika saya menjadi orang-orang itu? Seperti menghilang.

Makanya diam-diam saya suka menulis dengan tema random. Mungkin bisa jadi saya bikin blog yang terpisah untuk tema random *nanti saya kabari kalau memang ada. Supaya yang sekrol-sekrol tulisan di sini nggak kaget tbtb ada tulisan lain diluar tulisan review dan kawan-kawannya.

30 tahun yang berlalu dan sebuah keinginan…

30 tahun telah berlalu dalam hidup saya. Daripada keberhasilan, saya lebih banyak memeluk kegagalan, dan keinginan-keinginan yang tidak menjadi nyata.

Ketika saya bingung mau jadi apa hidup ini? Saya hidup buat apa? Apakah kehidupan akan berbeda jika saya tidak ada? pertanyaan-pertanyaan demikian mengantarkan saya pada keingian sederhana.

Saya ingin punya manfaat. Tidak masalah jika jumlahnya sedikit. Di sini, di tulisan saya manapun. Saya ingin punya manfaat meski kecil. Meski nggak heroik. Makanya, popularitas bukanlah tujuan saya dalam menulis. Saya tahu hakikatnya hidup adalah merdup dan melemah tapi kita akan bertemu dengan cahaya.

Saya tahu tulisan saya banyak kurangnya. Kalau baca di tempat lain rasa-rasanya lebih bagus dari saya, kadang dalam menulis ada insecurenya juga. Tapi yang paling saya kedepankan adalah kejujuran dalam membuat keputusan tentang review dan mencoba dengan kuat untuk nggak banyak spoiler. Tentu saja semuanya lagi-lagi akhirnya bersifat personal sekali.

Tidak usah diperdebatkan bahwa rekomendasi drama saya berbeda dengan NAGITA SLAVINA yang demen sama Crash Landing on You, What’s Wrong With Secretary Kim, Something in The Rain (hadeehh, eehh nggak boleh gitu Min), Revolutionary Love dan Full House (saya dapat infonya dari IG, lupa akunnya apaan). Kita nggak sama sis, Mian.

Penutup….

Tulisan ini dibuat sehari sebelum saya benar-benar berumur 30 tahun.

Semoga saya dan pembaca sekalian diberikan hati yang lapang atas semua masalah yang terjadi dalam hidup kita.

Terima kasih untuk kalian yang masih ingat besoksore kalau ngomongin drakor. 3 tahun sudah saya mengudara di sini. 3 tahun yang masih terasa seperti kemarin dan ternyata saya sudah membuat ribuan tulisan.

Sampai ketemu. Sampai ketemu di lain konten.

Satu lagu bagus buat kalian. Lagu OST Doraemon.

Advertisements

You May Also Like

34 Comments

  1. Jujur….,saya selalu menunggu tulisan di blog ini. Secara blog tentang drama korea udah ga banyak. Dan ternyata kita setipe kalo masalah drama. Mungkin karena kita sama sama kepala 3….,py angka belakangnya banyakan aku…..😁 Mimin sudah pernah nonton My Love Eun Dong??? Kalo aku belum….,cuma dulu pernah baca,,kalo tu drama bagus. Mungkin kalo ada waktu saya bakalan nonton.
    Terima kasih sudah menghibur saya dengan tulisan2 mimin. Bagi saya membaca juga salah satu refresing setelah seharian dengan keluarga. Terima kasih….🥰🥰🥰

    1. iya kak. nanti cari tahu kalau ada. soalnya belum nonton.
      sama-sama terima kasih.

      terima kasih juga rekomendasinya, mimin besoksore nggak menutup rekomen drama dari pembaca. apalagi drama lama. cuma agak disayangkan nyarinya agak susah.

  2. Selamat ulang tahun kak, aku seneng banget bisa nemu tulisan kakak yang udah ngasih inspirasi buat nonton drakor 😁 semoga semua keinginannya tercapai yaaaa semangatt terus nulisnya 😘😘

  3. Selamat Ulang Tahun.. semoga kebahagiaan selalu dilimpahkan kepadamu Miiinn… Semoga selalu sehat ya, supaya bisa menulis .terus. Saya selalu menunggu tulisan-tulisan Mimin.. Salam sayang.. 😍

  4. Sayaaaa baru 2018 kembali menyukai drakor..dulu nonton tp g terlalu ingat lagi. jadinya saat ini blm byk yg ditonton n bnr2 pilih2 bgt..tp blog besok sore jd favorit saya dan stlh membaca 30 tahun drakor terbaik ini versi mimin pass bgt ama selera saya.. bbrp judul yg saya tonton krn baca review2 dari mimin kyk be melodramatic, partners for justice 1 n 2.. selebihnya saya jg udh nonton n favorit bgt my mister (review yg dicari2 di besok sore), because this is my first life, another miss oh (pas saya kelar nonton g brp lama review ini muncul di blog n seneng bgt baca review mimin), prison playbook(udh lama saya nunggu review mimin knp drama sebagus ni g di review), kingdom, reply 1988. Udh rencana mau nonton unfamiliar family juga.. dan bener saya jg kecewa nonton suspicious partner yg drama nya jd g jls ceritanya. Saya jg g nonton TKEM, menanti mimin review secret forest/stranger krn bakalan ada season 2 yg main kan Bae Donna jg 😊. Saya jg g lanjut nonton voice stlh season 1. Dari semua blog review drakor saya paling pas ama mimin bsk sore.. makasih buat rekomendasi nya slama ni krn saya butuh review drakor yg kyk mimin nonton bukan krn pemainnya ato tampangnya tp krn plot dan cerita yg jls dr dramanya sehingga ada manfaat yg kita ambil stlh berjam2 menghabiskan wkt buat nonton drama 😊

      1. Min udh nonton belom film korea My First Client ama Bring Me Home, kl ada waktu ditonton yaah ceritanya sama2 tentang kekerasan thdp anak..

  5. Menurut saya tulisan yang kk buat sangat membantu, apalagi untuk umat awam yg sedang kebingungan. Semangat terus menulis ke depannya kk, saya selalu menunggu update-update terbaru dari kk :’). Meski ga banyak yg meninggalkan jejak seperti saya, saya yakin kok byk yg terbantu dgn adanya tulisan kk.

    Btw HBD kak, Moga sehat, Panjang umur, dan jangan lupa berbahagi, karna hidup itu cuman sekali. Dan yang terpenting : saya selalu mendukung kk :’)

  6. Ngakak di bagian yg Nagita Slavina😂😂 Sempat-sempatnya dihapal coba dramanya apaan ajaa😂😂. Kesukaan si Gigi dramanya yg klise gitu ya ceritanya, tipe-tipe kesukaan pecinta drakor baru ma nakanak sekolahan😀

    Btw selamat ulang tahun mimin besoksore (walaupun telat yah😅), moga makin eksis dan makin kece blognya.. Semoga orangnya juga di dunia nyata jadi orang yg makin baik dari tahun sebelumnya.. *dari sesama wanita umur 30an😀
    Pantesan selera drakor kita mirip min, ternyata seumuran..

    Tetap semangat nulis ya min.. dari kami yg slalu menunggu reviewmu sebelum nonton drama, wkwk

    1. sebelum nonton sempat riset dikit-dikit kak. hahhaa.
      (((anak sekolahan))) duhhhh yaaa. Tapi ada benernya juga.
      yaahh beginilah selera yang sudah imo-nim.

      semangkat kok sejauh ini.
      terima kasih. gpp telat juga. biar 30 tahun terus. hahha.

      1. Ternyata bner usia 30an dan pnggemar drakor lama memang seleranya beda. Sya jga jrang nton drama yg sdang booming dots, cloy, alsannya si krna bnyak yg suka jdi sya nggak suka ha…ha. aplagi yg main idol, aduh rsanya kyak Korea kurang ada aktor/aktris aja, dplih krna populer. Sya sbenarnya pngen lhat Lee min ho ambil peran yg menantang buat dramanya, phsyco, sedikit antagonis gtu, krna kyaknya dri jman boys before flower perannya slalu hmpir sma

  7. hepi birthday mbak min besoksoredotcom.. semoga sehat terus ya… (ucapin nya agak telat)

    pernah ngerasa ga min, dikejar kejar dateline judul list tontonan drakor.. ga sabar pengen kelarin semua nya…
    itu pengalaman pribadiku min.. soalnya sehari aku cuma bisa luangin waktu aku dua tiga jam utk bisa nonton drakor… mana kadang displit nonton movie.. uwahhhh kadang bikin greget ga cukup wkt..

    1. pernah dong. kan sama kayak manusia lain yang punya waktu 24 jam.
      pernah juga nonton drakor pas lagi diopname dan nunggu jadwal operasi. hahahha.

      segitunya saya. dan pulang-pulang kepikiran buat nulis.

  8. Hepi besdey kak besoksore

    Selera kita sama, aku cm blm nonton dear my friends sm listen to love
    Klo di list-ku ada tambahan age of youth sama goodbye to goodbye

  9. Saya udah cukup lama menjadi silent reader blog besoksore. Setiap ada waktu mau marathon nntn drakor pasti buka besok sore nyari drama apa yg rekom buat ditonton. Karena kadang udah capek nntn 4 episode, lah rupanya dramanya datar2 aja atau bukan genre yang saya suka. Yang paling saya suka mimin sering buat drama apa2 aja yang terbaik di tahun sekian… wah makasih banyak ya atas ulasan drakornya selama ini. Gumawoo… satu lagi selera kita kayanya sama ya…dari sekian bny blog reviewer drakor cuma ini yg paling cocok. Saya suka drakor sejak dari full house… sampe skrg masih nntn drakor walopun udah kepala 3. Jadi klo ada drakor tipe kaya whats wrong with secretary kim or CLOY saya ga nntn. So sorry… mgkn krn udah nntn semacam reply 1988 jadi klo ada drama yang ga sebagus itu kualitasnya jadi males nntnnya… heheh…

    Oia happy birthday ya… baru baca blognya hari ini… maklum emak2 ga tiap hari sempat baca2 blog.
    Semoga kedepannya makin sering buat tambah content… btw saya suka lho semua tulisannya mimin. Terasa original sekali… kocak kadang2 dengan sisipan kata2 yang menambah nilai tulisannya… ga usah buat blog lain kalo ada ide buat aja langsung disini. Oke …
    Kayaknya udah kepanjangan komentar saya… sekali lagi gumawoo…

  10. Selamat ulang tahun,mimin yang lucu dan keren. Terimakasih untuk “Besok Sore”nya yang selalu enak disruput seperti meminum teh di sore hari, yang selalu hangat dipandangi seperti cahaya matahari terbenam di sore hari. Teruslah menulis. Teruslah bahagia. Karena menulis adalah refreshing,oksitosin yang bikin semua bad feeling lenyap.

  11. aduh,
    aq telat banget bacanya

    meski sudah lewat, tapi
    kami sekeluarga mengucapkan “sama-sama”
    eh,
    bukan, maksudnya “Selamat hari lahir”
    tahun tak bisa diulang, yang sudah berlalu, biarkanlah berlalu
    hanya tanggal dan bulan yang sama, yang diulang setiap tahunnya

    untuk drama terbaik, berarti jatuh kepada Princess Hours dong yah
    udah lebih dari 10 tahun sejak drama itu tayang, tp masih nyangkut di hati kk admin..
    (btw, aq juga.. 2 drama terbaik seumur hidup q sampe detik ini ada 2,, Princess Hours-kr dan 1 litre of tears-jp)

    1. itu drakor mungkin karena merasup di jiwa muda dulu. jadi, banyak kebayang-bayang aja. ostnya juga bagus. jadi, suka banget..

      atau mungkin saya tahu banget rasanya cinta tidak terbalas salah satu pemainnya. dan lagunya suka nyanyikan. *apalah malah curhat.

  12. Selamat ulang tahun min,

    Engga nyangka blog ini akan jd blog favorit saya saat ada waktu luang atau penat. Dari zaman masih jd banker di sela meeting yg sometimes bosen saya meng-escape-kan otak saya dgn baca ulasan drama mana yg kira2 pas luang saya tonton terus saya list di noted saya. Meskipun list drama itu saya tonton pas skrng2 ini saat sdh resign, dan setelah jd irt saya lebih sering mampir ke blog ini buat cari ref judul buat next nonton drama kalau ada waktu luang dr anak2

    Saya suka tulisan mimin, walau kadang ga setuju, semangat menulis mimin dulu saya jg punya blog dengan nama sore jg tp bukan besok sore, semangat nulis min walaupun sering di copas tp yg sering berselancar di blog pasti tau ini tulisan siapa

    Semoga setelah usia 30 tahun ini mimin bisa lebih bahagia terus bahagia dan bersyukur

    1. aaminn kaaaakkk. makasih yaaaa. yaa gpp kak. tidak setuju akan suatu pandangan itu sangatlah wajar. saya cukup woles kok kalau ada kacamata lain akan drama yang lagi diomongin.
      sehat selalu buat anak-anak dan keluarganya.
      terima kasih sudah mampir-mampir.

  13. Selamat ulang tahun min walaupun sdah lewat
    Saya selalu membaca tulisan dsni sblm mulai nonton drakor…punya selera yang sama..kalau boleh nambahi klw saya juga suka drama stranger/secret forest dan The Fiery Priest..tmksh atas tulisannya..moga tetep bisa kasih review

  14. 28112020. kak temenan yuk .

    jujur tiap mau nonton drama khususnya ocn harus banget mampir ke besoksore.

    sehat selalu ya kak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!