Review Drama Korea Sweet Home (2020)

Review Drama Korea Sweet Home (2020) – Ketika dihadapkan dengan Netflix, saya merasa banyak banget drama, series, atau film yang pengen saya tonton. Begitu muncul drama baru, saya langsung nonton kalau ada waktu luang. Buat yang belum tahu, series ini original Netflix dan diproduksi oleh Netflix, secara legal, kamu hanya bisa nonton di Netflix.

Dan karena original produksi Netflix, satu musim langsung muncul semua episodenya. Episodenya ada 10.

Ini dia profilnya yang saya ambil dari asianwiki.

  • Drama: Sweet Home
  • Revised romanization: Seuwiteuhom
  • Hangul: 스위트홈
  • Director: Lee Eung-Bok
  • Writer: Kim Kan-Bi (webcomic), Hwang Young-Chan (webcomic), Heung So-Ri, Kim Hyung-Min, Park So-Ri
  • Network: Netflix
  • Episodes: 10
  • Release Date: December 18, 2020
  • Runtime:
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Kesan Pertama Nonton Drama Korea Sweet Home (2020)

Saya nonton yaaa nonton aja. Nggak cari tahu apa-apa. Kemudian sadar betul bahwa drama ini nggak ada sweet-sweetnya sama sekali. Lebih ke mencekam.

Alkisah, munculah suatu wabah. Dimana orang-orang terjangkit virus dan menjadi sosok lainnya. Semacam zombie atau Demogorgon yang biasanya nongol di Stranget Things.

Tapi yang saya tonton alih-alih menjadi zombie, orang-orang yang terkontaminasi malah menjadi semacam monster yang haus akan protein yang ada di dalam manusia.

Mereka berubah wujud menjadi makhluk yang amat sangat aneh.

Lingkungan dalam drama yang pertama terlihat adalah lingkungan apartemen. Apartemen berisi manusia yang beragam. Kalau kalian sering nonton drakor. Masing-masing penghuni biasanya sudah sering nongol di drama lainnya.

Ada rasa “waw” saat melihat cast dalam drama ini. Ada Song Kang, Lee Jin Wook, Lee Si Young, Lee Do Hyun, Kim Nam Hee, Go Min Sin, Park Gyu Young, dll.

Karena drama Sweet Home ada dalam situasi yang sangat genting. Tatapan mata orang-orang yang mian drama ini menjadi “dalam dan nyalang”.

Pada Perjalanan Drama…

Wabah…

Wabah di luaran berlangsung. Orang-orang di dalam apartemen mencoba menyelamatkan diri. jaringan internet mati. Listrik mulai padam. Orang-orang  kebingunagan akan rencana mereka selanjutnya.

Ada yang bunuh diri karena merasa terhimpit dalam keadaan genting. *tapi katanya bunuh diri seminggu lalu *eeh tapi nggak ada kejelasan juga.

Ada yang awalnya mau bunuh diri tapi mengurungkan hal itu karena ingin mati menjadi manusia. Bukan menjadi monster.

Monsternya nggak main-main guys, ada bola mata yang mengincar manusia dari jendela-jendela apartemen dan mencoba memangsa.

Di sini, dibutuhkan kerjasama dengan orang-orang yang mampu selamat.

Semacam usaha untuk terus mempertahankan hidupnya.

Bayangin aja guys, presiden yang lagi siaran langsung malah diserang oleh monster dan kelanjutannya korea dilakukan darurat militer.

Mampukah orang-orang yang selamat bertahan sampai akhir?

Komentar Setelah Nonton Drama Sweet Home sampai Habis…

Beberapa waktu lalu, saya habis nonton drama jepang yang judulnya adalah Alice in Borderland (Di sini ulasannya). Kemudian saya nonton drama korea yang intens menegangkannya lebih lagi.

Semacam abis main game terus beralih ke yang lebih “hard”.

Apabila melihat cinematografi, editing, semuanya oke guys. Dramanya terlihat dramatis dengan beberapa efek. Bahkan keadaan normal nampak terasa atmosfer mencekamnya.

Aktor dan aktris pilihannya, entah hanya muncul di beberapa episode atau yang ada sampai akhir. Semuanya juga oke.

“Waw.”

Netflix emang lebih bisa kalau masalah cari pengisi peran. Bisa dibayangkan saja, saya sampai menemukan aktris cilik berbakat yang sebelumnya main Mother (2018) di drama ini. Bocil-bocil aja mainnya bagus guys.

Bocil Terkeren Aktingnya

Ada kisah traumatis selain dari ketegangan

Peran utama adalah anak muda, Cha Hyun Su digambarkan sebagai anak muda yang selalu berdiam diri di dalam rumah dan mendapatkan perundungan di sekolah. Di dalam keluarganya, ia lumayan diperlakukan seperti sampah, apalagi sama ayahnya. Ia selamat karena tidak ikut tamasya dengan keluarga dan memilih untuk bunuh diri.

Saat muncul episode 3. Saya melihat Cha Hyun Su seperti sosok yang abu-abu sekali. Jangan-jangan kisah monster yang menyerang adalah khayalan dari Cha Hyun Su saja atau bagaiman.

Fix.

Drama ini selain menegangkan dan bikin kaget dari banyak adegan. Saya dibuat bertanya-tanya.

Sosok yang Mencuri Perhatian

Ada seorang ahjussi yang selalu berdoa. Bahkan saat menghunuskan senjatanya. Dia adalah Kim Nam Hee. Aktingnya mantep bener guys. Setelah cari tahu, sebelumnya dia hanya jadi figuran dan figuran.

Ini drama seriesnya guys.

Edun sosok Jung Jae Heon berhasil menyedot perhatian saya dan aktingnya sebagus itu di Sweet Home. Saya sampai cari tahu nih.

Ahjussi ini meski nggak banyak adegannya. Kayaknya punya karisma tersendiri.

Untuk pemain mudanya, saya berasa nonton Love Alarm. Semacam aktor dan aktris langganan Netflix. Tentunya dengan kehadiran Song Kang dan Go Min Si.

Sosok lain juga bikin saya pangling, dia adalah Park Gyu Young yang memerankan Yoon Ji Su. Masih ingat? dia yang jadi perawat di It’s okay to not be Okay. Yang ditaksir sama ahjussi pemilik penerbitan.

sama ahjussi yang bikin saya terpanah

Sosok perempuan lain yang atletis banget ada Lee Si Young yang memerankan Seo Yi Kyung. Pas doi ada di gorong-gorong, edun badannya sangat atletis. Jadi pengen. Hahaha.

badannya coyy

Kesimpulan Review Drama Korea Sweet Home (2020)

Saya punya teman yang nggak tahan nonton drama korea Kingdom garapan Netflix. Sebab dia ketakutan. Bahkan laptopnya dimanaa… dia nontonnya dari mana.

Saya tipikal orang yang cukup kuat untuk nonton drama model beginian. Hanya saja kadang suka ngagetin.

Melihat secara keseluruhan, saya yakin banget drama model beginian nggak murah. Kerusakan, editing, bagaimana bikin monster, dan para aktor dan aktris yang tatapan matanya “dalam” membuat saya harus bilang, drama ini layak banget ditonton.

Sebuah drama yang diadaptasi dari komik. Imaginasi manusia memang liar. Saya belum pernah baca komiknya. Tapi, lagi-lagi Netflix membuat saya terpanah sama produksi dramanya yang bisa dibilang cukup ajaib.

Btw, buat yang demen sama Le Do Hyun, di sini gantengnya lebih manusiawi. Saya suka. Wkwk.

Selain menghadirkan konflix dengan Netflix, drama ini juga menghadirkan konflik sesama penyitas.

Rekomendasi?

Jelas.

Dan jelas nagih untuk musim keduanya. Karena beberapa pertanyaan belum selesai terjawab.

You May Also Like

12 Comments

  1. Menurut saya drama ini banyak sekali black hole nya semacam, terjadinya missing plot dan di akhir justru terjadi plot twist yang menurut saya agak memaksa (ahjussi preman yg punya luka bakar), tapi thriller nya dapet banget sih apalagi pas di awal awal. Cuman di pertengahan episode saya ngerasa agak bosen dan pengen cepet cepet selesai

    1. scene terakhir itu bukan paman yang kena luka bakar asli, dia udah mati. tapi itu di isi sama monster yang bisa pindah tubuh. saya juga masih ada beberapa yang miss di tiap episodenya, sepertinya harus nonton ulang. karakter yang banyak dan sama pentingnya buat saya hilang fokus sama alur dsb

  2. Kak mau tanya, kan aku belom nonton alice in borderland dan sweet home tapi bingung mau nonton duluan yang mana. karena dari beberapa komentar tuh katanya lebih kerenan alice.
    pengen nonton yg dri lumayan ke yg lebih bagus hahahaa
    Oiya kak rekomen film genre thriller/fantasy dong

  3. aku penasaran ama drama ini karena direkomendasikan sama kk admin.
    tapi temenku katanya mual setelah nonton 1 episode..

    mau tanya kk admin,
    level thriller/horror/gore-nya si sweet home ini seberapa?
    misalnya kasih level 1 sampe 10 dengan angka 1 terendah,
    kk mau kasih sweet home ini level berapa?

    aku adalah penonton yang sedang-sedang saja..
    jadi nyari aman, sebelum ketakutan sendiri pas nonton.. hehehe

    1. kalau saya termasuk orang yang mentoleransi visual di drama sweet home. jadi aman-aman aja.
      nggak nutup mata atau yang lebih parah. mungkin teman Ninda memang sulit nonton drama model seperti ini.
      seperti yang saya jelaskan, teman saya bahkan ada yang nggak bisa nonton Kingdom.

      kalau kamu bisa nonton Kingdom atau Stranger Things yang level aman, kamu bisa nonton series ini dengan aman kok.

  4. Sayangnya karakter jisoo banyak yg berbeda di drama ini, di drama dia terkena monterisasi sama sakit usus buntu(?), padahal di webtoon karakter jisoo ini strong bgt bahkan sampe melawan beberapa monster bareng ahjussi jago pedang sama hyun soo. Jisoo juga punya loveline sama keduanya. Kebetulan saya sudah tamatin webtoonnya, agak kecewa karakter jisoo di buat ga sekuat di webtoonnya, padahal dia cast yg ditunggu2. Loveline nya sama ahjussi jago pedang dapat bgt di drama. Semoga aja di S2 nya karakter jisoo lebih di explore lagi.

  5. Kak mau tanya, cara virus monsternya sendiri itu nularnya gmn ya kak? Klo dr gigitan kan bukan ya kayaknya? Soalnya si preman kan di episode tengah2 pernah kena gigit tp gajadi monster kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!