3 Underrated Drama Korea Tahun 2020 (Bagian 1)

3 Underrated Drama Korea Tahun 2020 (Bagian 1) – Hai. Sudah akan berakhir tanggal-tanggal di tahun 2020. Hidup saya masih nggak beda jauh dari tahun sebelumnya. Setidaknya saya masih punya semangat ngisi blog. Meski diambil sana sini dengan membabi buta. Bahkan web besar yang bisa dibilang…. ahh sudahlah.

Sudah sesi curhatnya.

Pernah nggak sih kamu nonton drama kemudian merasa bahwa orang lain harusnya nonton drama itu. Pernah nggak? bisa jadi kamu lihat antusias sekeliling dan orang-orang lebih memilih drama yang sedang banyak dibicarakan dibandingkan drama yang kamu suka tadi.

Tulisan ini hanyalah pendapat bagaimana suatu drama layaknya peran utama kedua dengan deritanya. Seharusnya penulis lebih berbaik hati dengannya. Tidak melulu perhatian dan keajaiban hadir di peran utama.

Semacam tulisan sayang banget drama-drama yang disebutkan kali ini tidak mendapatkan perhatian yang setimpal dari penonton sekalian.

Apa saja? ini baru bagian satu yaa. Jadi, masih ada kelanjutannya.

Atau ada yang menamai judul drama ini adalah Fix You. Untuk meyakinkan saya memasukkan drama ini sampai saya kepoin rating.

Ternyata tipis sekali. Bahkan data tabelnya kosong sebelah. Bayangin aja di koreanya sendiri dapat peringkat nomor 18.

Geleng-geleng saja.

Apa ini? Apa karena kecenderungan masalah visual? Apa orang-orang nggak suka sama drama yang memberikan pengetahuan dengan kesehatan mental yang kaitannya erat dengan kehidupan kita?

Kenapa sih? Soul Mechanic tidak mendapatkan tempat selayaknya menjadi drama yang memberikan pencerahan tentang masalah-masalah mental?

Ahjussi Shin Ha Kyun mainnya bagus lho. Dia dokter yang baik yang juga punya masalah mental juga. Jung So Min juga main bagus. Bahkan saat So Min kumat, saya ikut kesal juga. Saat So Min merasa dunia mengkhianati dia, saya juga sedih.

Sebuah drama tentang luka batin. Bisa terjadi karena masalah traumatis di masa yang lalu.

Kalian punya trauma nggak sih guys? Pernah merasa kesepian nggak? pernah merasa tidak berguna nggak? Saya lebih banyak belajar dari drama ini untuk lebih berempati sama orang, kita nggak pernah tahu kehidupan orang itu seperti apa? kurikulum hidup macam apa yang orang itu jalani.

Sebuah drama yang baik. Memberikan penontonnya banyak sudut pandang.

Semoga kita jadi lebih bijak ya.

Btw, drama ini tayang di KBS2. Apa TV Nasional Korea saat ini sudah mulai melempem di marketing ya? Buktinya drama dari TV kabel baunya lebih tercium. Original Netflix dengan paket murah yang jelas-jelas bayarnya lebih mahal daripada BPJS termurah pun lebih “bau” untuk pemasarannya.

  • My Unfamiliar Family (2020)

Keluarga yang umum itu kayak gimana sih guys? Keluarga kebanyakan itu seperti apa? keluarga yang ideal itu seperti apa?

Saya yakin pada setiap keluarga selalu punya konfliknya sendiri, masalah keturunan, masalah anak-anak, masalah ekonomi, masalah ketidakterbukaan masing-masing, dan masih banyak.

Kalau dibagikan survey. Kemudian masing-masing responden ditanyakan apakah keluarga mereka normal? Akankah banyak orang-orang yang memilih opsi bahwa keluarga mereka nggak normal?

cakeeeppp banget kaaannnn

Kalau saya sih jelas. Jelas keluarga saya nggak umum seperti orang lain. Masalah kakak, masalah adik yang meski kini sudah berpulang, masalah keuangan, masalah bahwa kami tidak begitu akrab, dll.

Seperti menginjakkan bumi banget. Seperti ada temannya. Seperti ada perasaan yang terwaliki oleh beberapa adegan.

Tidak cuma itu.

Kisah dalam drama ini untuk kisah yangyangan juga saya suka.

Belum lama saya lihat drama ini sudah ada di Netflix.

Nomor satu tema kesehatan mental, kedua tema masalah keluarga, yang ketiga adalah masalah di dunia perkantoran.

Salah satu drama dunia kantor yang solid dan sangat lucu. Pemain utamanya bukan anak muda lagi. Melainkan bapak-bapak yang suka banget ngeselinnya minta dijitak.

Tayang di MBC nih. Lagi-lagi pertanyaan besar saya. Apakah stasiun TV nasional korea sudah mulai susah banget menyaingi marketing dari tv kabel yaa?  saya intip ratingnya sampai belasan. Sampai di ranking 18 juga ada.

Itu jauh banget.

Hufffff….

Padahal kalau diikuti bisa jadi salah satu drama yang segar dengan kekoplakan para pemainnya di dunia perkantoran. Trik dan kelicikan dalam drama ini ampun-ampunan pokoknya.

Yang tahu intrik busuk dunia kerja? Bisa terwakilkan dari nonton drama ini. Tapi kemasannya menjadi unik ketika ada sentuhan yang bikin lucunya.

Kesimpulan 3 Underrated Drama Korea Tahun 2020 (Bagian 1)

Sesuai judulnya. Ini baru bagian pertama. Bagian keduanya tentu saja menyusul. Dan bakalan ada drama korea Overrated tahun 2020.

Untuk drama korea terbaik tahun 2020. Saya akan nulisnya di tahun 2021.

Terima kasih.

You May Also Like

9 Comments

  1. Sejujurnya saya pengen banget nyelesain fix you. Tapi waktu itu berhenti karena saking Jung so min main bagus, saya kesal banget sama dia wkwk. Mungkin akan dilanjut selama liburan UAS nanti (liburan, cepatlah datang). My unfamiliar family sama kkondae intern juga sudah masuk list niih

    1. emang ngeselinnya dapet. tapi memang harus demikian sesuai sama karakternya. tapi ada alasan kenapa mbaknya demikian.

      eeehhhh bukannya desember lagi lbur ya???

  2. ( maaf ) kok menurut gw sih , bukan karena TV Nasional yg kurang marketing. karena drama underrated itu bukan selera pasar. menurut kita underrated , menurut yg lain , bisa jadi : drama kayak gini kok di bilang bagus, pantas rating nya ancur wong bikin ngantuk . iya ngak sih ?
    drama JTBC ,TVN juga ada yg bagus tapi rating rendah dan ngak hype. trus bisa juga slot penanyangan nya barengan sama drama yg hype.

    btw, tahun ini drama nya SBS bagus2 loh ( ada 4 yg bagus , TVN cuma 3 sih ) tapi tetap dong yg terbaik no 1 tahun ini ( masih ) di pegang drama nya JTBC. hehehehehe.

    1. nggak usah minta maaf gpp. santai aja. heheheh. lontarkan pendapat apapun boleh kok.
      eemm bisa jadi demikian, masalah selera pasar. mungkin kalau dibagi menjadi usia, penonton kaula muda lebih banyak alias mendominasi. buktinya drama anak muda cenderung hype.

      padahal banyak banget tema lain selain yangyangan. hiks.

  3. Walaupun kkondae ratingnya gak bagus, cukup senang karena aktornya menang Daesang tahun ini, rasanya kerja kerasnya terbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!