Advertisements

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye = Goodbye to goodbye adalah salah satu drama korea yang saya tonton dengan maraton. Dan saya berhasil menyelesaikan nonton hingga genap tamat di episode 40 (satu episode durasinya sekitar 30 menit).

Goodbye to goodbye adalah pengisi slot dari drama korea My Husband Oh Jak Doo di MBC. Drama ini dimulai sejak 26 mei 2018 hingga selesai di episode 40 (Ada molor dari jadwal karena ada acara piala dunia). Selesai 4 agustus 2018.

Drama ini adalah salah satu drama yang diadaptasi dari web novel dengan penulis So Jae Won. jadi, mungkin karena dari “novel”, drama ini bisa saya bilang punya kedalaman dari penggalian masing-masing karakternya.

Oke, kita masuk dulu ke para pemainnya.

Pemain Drama Korea Goodbye to Goodbye

Chae Shi Ra memerankan Seo Young Hee. Seorang Ibu rumah tangga yang dulunya punya karir yang bagus saat melajang. Dia punya suami seorang pilot dan seorang anak lelaki yang masih menjadi mahasiswa. Suatu ketika, suaminya tidur dengan koleganya yang seorang pramugari dan memiliki anak perempuan dengannya. Sejak saat itu, dia mengurung dirinya selama bertahun-tahun di dalam apartemennya.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Jo Bo Ah memerankan Jung Hyo. Jung Hyo adalah pacar dari anak lelaki Seo Young Hee. Suatu hari, dia hamil dan kekasihnya serta ayahnya ingin dia menggugurkan kandungannya. Dia datang ke kediaman Seo Young Hee untuk mencari perlindungan atau setidaknya tempat selama dia mengandung dan menjalani pemulihan usai melakukan aborsi. Namun, pada akhirnya dia berubah pikiran dan mempertahankan bayi di dalam kandungannya.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Lee Sung Jae memerankan Han Sang Jin. Seorang kapten pilot dan suami dar Seo Young Hee. Dia punya rasa bersalah pada istrinya karena sudah berkhianat. Dia bisa saja mengubah rekening gajinya dan mendapatkan gajinya sebagai pilot. Namun, ia membiarkan istrinya mengambil semua gajinya. Di sisi lain, dia juga harus menghidupi putrinya hasil dari perselingkuhannya.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Jun memerankan Han Min Soo. Anak dari Han Sang Jin dan Seo Young Hee. Dia adalah pacar dari Jung Hyo dan ayah dari bayi yang dikandung oleh Jung Hyo.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Jung Hye Young memerankan Kim Se Young. Dia mantan pamugari yang keluar karena melindungi teman-temannya sekaligus mengandung. Ia hamil dan membesarkan seorang putri dari Han Sang Jin. Salah satu hasrat terkuatnya adalah memberikan putrinya seorang ayah dan menginginkan Seo Yong Hee bercerai dengan Han Sang Jin.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Jung Woong In memerankan Jung Soo Chul. Ayah dari Jung Hyo. Dia membesarkan Jung Hyo seorang diri setelah istrinya pergi dan menggugat cerai. Hubungannya dengan Jung Hyo sangat dekat. Bisa dibilang dia adalah tipe ayah yang sangat sayang sama putrinya.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Yang Hee Kyeong memerankan Kim Ok Ja. Dia seorang ibu dari Kim Se Young. Dia hidup sebagai simpanan lelaki beristri. Dia melakukan segala cara agar Seo Young Hee menceraikan Han Sang Jin untuk putrinya. Dia bahkan tak segan-segan tinggal di apartemen Seo Young Hee sampai dia mau melepaskan Han Sang Jin.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Kim San Ho memerankan Moon Jong Won. dia co-pilot dari Han Sang Jin. Kemana-mana dia mendampingi Sang Jin. Bahkan dia menyadiakan tempat tinggalnya yang bisa ditinggali oleh Sang Jin.

Ha Shi Eun memerankan Han Hee Jin. Adik dari Han Sang Jin dan mantan pramugari yang membuka sebuah restoran. Dia selalu dalam situasi sulit akibat ulah kakaknya yang berselingkuh. Di sisi lain, dia menghormati Seo Young Hee dan dia juga tidak bisa mengabaikan Kim Se Young yang membesarkan keponakannya.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Oh Na Hee memerankan Lee A In. Teman kuliah dari Jung Hyo.

Shin Bi memerankan Han Yoo Yeon. Anak Han Sang Jin dengan selingkuhannya Kim Se Young.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Sinopsis Singkat Drama Korea Goodbye to Goodbye

Kalau kamu nggak malas membaca sedikit dari penggambaran karakter dalam drama ini, mungkin kamu sudah bisa membuat kesimpulan sendiri dari apa yang sudah kamu baca.

Drama ini cukup pelik. Drama ini muncul dari konflik keluarga yang membuat semua karakter dalam drama ini bisa memposisikan diri sebagai seorang korban.

Lelaki yang sukses dengan karirnya sebagai pilot, tidur dengan pramugarinya yang membuat pamugarinya hamil dan berhenti dari pekerjaannya. Semua membuat hidup Seo Young Hee nampak hancur dan membuatnya mengurung diri.

Hingga 2 wanita datang ke apartemen Seo Young Hee. Dia adalah Jung Hyo yang merupakan mahasiswi yang dihamili anaknya sendiri. juga nenek Ok Ja yang memintanya melepaskan Han Sang Jin demi anak dan cucunya Han Yeo Yeon.

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Di sinilah titik baru dimulai. Sebuah cerita panjang tentang para perempuan dan lukanya.

Komentar Drama Korea Goodbye to Goodbye

Seperti yang saya bilang di awal, saya nonton drama ini maraton dan nyatanya saya sukses nontonnya sampai kelar. Jadi bisa saya bilang bahwa Goodbye to Goodbye mampu menarik perhatian saya.

Dan entah kenapa, mungkin drama ini agak berat dan lain dengan selera pasar pada umumnya (karena selera pasar nggak jauh-jauh dari Whats Wrong With Secretary Kim yang menurut saya emang nggak bagus itu).

Kenapa saya bilang lain dengan selera pasar? Karena drama ini buat saya nggak ha ha hi hi doang. kalau diperhatikan baik-baik, drama ini cukup bisa mengesalkan karena ada pelakor. Namun, kita juga diberikan sudut pandang lain dari berbagai macam karakter wanita dalam drama ini.

Karakter dalam drama ini sama sekali nggak ada yang suci. Semuanya punya egonya masing-masing dari seorang anak, ayah, ibu, istri, adik dll. semuanya kebagian “luka” dari apa yang disebut dengan perselingkuhan.

Drama ini membuat sayang pegang tisu terus, khusunya episde 20 ke atas karena memang menyedihkan. Dialog yang ada di dalam drama ini juga cukup mengiris-iris.

Entahlah, mungkin karena saya juga tahu betul bagaimana perselingkuhan yang bisa membuat hidup keluarga menjadi hancur.

Tapi…

Tapi saya suka dari karakter Seo Young Hee yang nyatanya dia tidak menyerah walaupun dia mengalami depresi selama beberapa tahun. dia berhasil bangkit. Dan ternyata bangkitnya dia adalah ketika dia menemukan harapan baru dan akhirnya melepaskan suaminya Hang San Jin.

*lho spoiler?

Ending Drama Korea Drama Korea Goodbye to Goodbye

Happy ending. Namun sediakan tisu ya?

Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

Drama Korea Goodbye to Goodbye direkomendasikan?

Yes dari saya. Nggak tahu kalau yang lain. kamu bisa komentar yaaa…

Sekian review drama korea Drama Korea Goodbye to Goodbye.

Terima kasih sudah membaca.

 

 

Advertisements

6 tanggapan untuk “Review Drama Korea Goodbye to Goodbye

  • 09/09/2018 pada 9:15 AM
    Permalink

    setalah baca…,pengin nonton sich….
    py kayaknya susah bagi waktunya. Gy banyak ngikutin drama on going….

    Balas
    • 09/09/2018 pada 7:43 PM
      Permalink

      hahaha… gpp. nanti aja ditontonnya. kalau ada waktu senggang.

      Balas
  • 13/09/2018 pada 9:55 AM
    Permalink

    Update kesan pertama nonton drama korea hide and seek dong

    Balas
  • 27/12/2018 pada 10:12 AM
    Permalink

    kak, sudah nonton my mister belum? kalo sudab minta kesan pertamanya dong. Terima kasih 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *