Review Drama Korea Doctor Detective (2019)

Review Drama Korea Doctor Detective (2019) – Kesan pertamanya sudah saya buat di tulisan yang ini yaaa... seperti biasanya saya hanya menulis tambahan komentar mengenai drama ini. Buat yang belum baca kesan pertamanya, silakan baca dulu. Tapi tenang saja saya nggak akan spoiler di tulisan kali ini.

Ini adalah murni tambahan komentar saja. Apakah Doctor Detective masih menjadi drama korea yang layak tonton apa nggak…

Lagi, tentang sedikit sinopsis Drama Korea Doctor Detective

Kalau kebanyakan nonton drama korea medis, biasanya, area pertarungannya adalah meja operasi dan penyakit. Kali ini berbeda, tim UDC dalam drama ini bertarung dalam area yang lain. Mereka menganalisis apakah seorang pekerja sakit karena pekerjaan yang dilakukan.

Drama ini melibatkan perusahaan utama bernama TL dengan imbuhan drama mengenai salah satu dokter yang pernah menjadi menantu dan punya anak dengan salah satu pewarisnya.

Selanjutnya, drama ini selain mengungkap kasus Harang di episode awal, drama ini mengungkap bagaimana pekerja lainnya sakit karena pekerjaan mereka, hingga disebut kecelakaan kerja.

Kesan Pertama Nonton Drama Korea Doctor Detective

Lalu…. tahukah kamu, cerita dalam drama ini kebanyakan terinsipasi dari kisah nyata?

Di beberapa episode memang dikasih tahu. Pada episode terakhir apalagi. maka, drama ini bukan sekedar drama. Drama ini adalah suara para pekerja yang ingin mendapatkan keadilan dan pelindungan.

Bahkan impian UDC sendiri adalah menginginkan departemen itu tidak pernah ada. mereka ingin perkerja dilindungi oleh yang mempekerjakan mereka dan diperlakukan layaknya manusia.

Alih-alih ngomong dramanya, karena dekat dengan kehidupan, saya jadi kepikiran pekerja di Indonesia

Pernah nggak? Kita menjumpai pembangunan gedung tinggi yang seperti pertunjukkan akrobatik? Para tukang berjalan dengan tali, tinggal di kotak-kotak kecil yang mereka buat. Tidak menggunakan alat keselamatan yang lengkap. Tapi mereka tetap bekerja.

Dulu, waktu saya SMP. Salah satu teman saya cerita bahwa ayahnya bekerja sebagai tukang dan ia terjatuh dari ketinggian hingga tidak bisa berjalan. Kemudian… tidak ada yang bertanggung jawab atas hal itu.

Rasanya miris sekali.

Drama ini hadir bukan sebagai tontonan atau hiburan saja. Tapi, drama ini menyuarakan banyak hal. Mungkin kalian akan paham kalau kalian ada di lingkungan kerja yang nggak peduli soal kesehatan kalian.

Buat saya Doctor Detective menawarkan hal yang beda.

Nonton drama medis di dalam rumah sakit yang penuh dengan perseteruan antara dokter, pasien, keluarga hingga mau operasi atau nggak memang punya keseruan sendiri.

Tapi, dokter di sini, nggak cuma fokus pada pekerja yang menjadi pasien, tapi penyebab yang berhubungan dengan lingkungan, ada zat kimia, dll.

Buat saya, doctor detective memberikan sudut pandang baru, bahwa ilmu kedokteran bisa luas sekali jangkauannya dan para dokter punya medan perangnya sendiri-sendiri.

Doctor Detective selesai di 32 episode pada 5 september 2019. Penulisnya adalah Song Yoon Hee, bukan penulis yang punya banyak karya. Tapi, drama ini cukup bagus. Tema medis yang mungkin dekat dengan keseharian kita.

Ngomongin Karakter Drama Nih….

Drama ini nggak punya rating yang bagus, nggak kayak return. Wwkkwkw… apalagi ada drama medis juga, jadi… kayaknya sih agak kalah saingan aja ya kalau mau milih drama medis mana?

Beberapa karakter ganggu banget, hahaha… seperti Bong Tae Gyu yang memerankan Heo Min Ki. Entah kenapa ya? Mau jadikan koplak ya nggak bisa. Dokter sotoy yaa nggak bisa. Ini penulisnya mau apa sih? Ahahha…

Ngomongin jalannya cerita sampai ujung…

Saya nggak bilang nggak bagus.

Hanya di tengah rasanya kok membosankan. Padahal cukup disayangkan saja. Agak sedikit “melambat” gitu.

Mungkin tujuannya supaya “rasanya” dapat. Eehh di saya jadinya sedikit membosankan.

Kesimpulan Review Drama Korea Doctor Detective (2019)

Adalah drama yang patut diapresiasi karena mengangkat tema yang memang beneran terjadi. Pada kenyataannya, kejadian menyangkut sebuah perusahaan besar. Tapi, saya pikir penulis dan para staf yang terlibat membuat drama ini “sehalus” mungkin supaya nggak jadi konflik di masa depan.

Kalau ada kisah yang bikin nangis. Di beberapa bagian, saya nangis bombay. Memang sekeras itulah seseorang mencari nafkah. Sekeras itulah orang-orang mencari keadilan.

Apakah rekomendasi atau nggak? saya serahkan pada kalian untuk nonton atau nggak. heheheh *digeplak pembaca.

Saya sudah kasih plus minusnya drama ini. Untuk kisah asmaranya, Choi Tae Young masih kayak ada hati banget sama mantannya. Diam-diam saya suka aja sama cinta yang bahkan sulit untuk diutarakan.

Jadi diselatankan saja apa? Wkwkwk…

Doctor Detective, bukan drama yang buruk. Toh saya masih bisa nikmatin dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Semoga. Ada saat di mana kita hidup, bisa bekerja dan dilindungi secara kesehatan yaaa… bukan cuma uang. Tapi dianggap sebagai manusia.

Terima kasih.

Advertisements

Satu tanggapan untuk “Review Drama Korea Doctor Detective (2019)

  • 09/09/2019 pada 5:50 PM
    Permalink

    Baru hari ini nonton ni drama.
    Baru 8 episod saya nyeraaaahhh.
    Apa karena baru kelar nonton dr.john yang senyum dan tatapannya bikin baper yak. Jadi agak gimana gitu mau lanjutin drama ini.. hehe 😜

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat