Ulasan Drama Korea Designated Survivor: 60 Days (2019)

Tahun 2024 dan saya mengulas drama korea tahun 2019.

Gpp. Mimin itu manusia, ada hal-hal yang nggak bisa saya lakuin dulu, bisa saya tonton sekarang. Dulu belum tertarik buat nonton, kemudian tertarik.

Ada lhooo drama yang saya nggak sempet nonton, tapi ketika nonton ternyata bagus banget. Drama ini salah satunya. Hehehe.

Profil Drama Korea Designated Survivor: 60 Days (2019)

  • Drama: Designated Survivor: 60 Days
  • Revised romanization: 60Il, Jijungsaengjonja
  • Hangul: 60일, 지정생존자
  • Director: Yoo Jong-Sun
  • Writer: Kim Tae-Hee
  • Network: tvN
  • Episodes: 16
  • Release Date: July 1 – August 20, 2019
  • Runtime: Monday & Tuesday 21:30
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Cast Drama Korea Designated Survivor: 60 Days (2023)

Ji Jin Hee memerankan Park Moo Jin.

Heo Jun Ho memerankan Han Joo-Seung.

Kang Hanna memerankan Han Na-Kyung.

Lee Joon Hyuk memerankan Oh Young-Seok.

Bae Jong Ok memerankan Yoon Chan-Kyung.

Kim Gyuri memerankan Choi Kang-Yeon.

Shin Ian memerankan Park Siwan.

Ok Ye Rin memerankan Park Si-Jin.

Son Sukku memerankan Cha Young-Jin.

Choi Yoon Yong memerankan Jung Soo-Jung.

Lee Mu Saeng memerankan Kim Nam-Wook.

dan banyak peran lainnya.

Sinopsis Singkat Drama Korea Designated Survivor: 60 Days (2019)

Bom meledak di sebuah gedung yang berisi para pejabat termasuk presiden. Berdasarkan undang-undang, maka yang selanjutnya melanjutkan pemerintahan sementara adalah seorang menteri bernama Park Moo Jin.

Moo Jin berasal dari akademisi yang handal, ia mengurus masalah lingkungan. Sempat ada konfik dan dia merasa tidak kuat dengan jabatannya dan mau mengundurkan diri. Di pagi kejadian, Park Moo Jin, istrinya yang merupakan seorang pengacara dan anak lelakinya yang remaja ada di dalam mobil. Anak bungsu Park Moo Jin ada di lokasi ledakan. Mereka langsung ke sana. Beruntungnya anak Park Moo Jin selamat.

Moo Jin secara amanah konstitusi masuk ke gedung biru. Dia memimpin. Seseorang yang ikhlas melepaskan jabatannya, malah mendapatkan jabatan yang lebih tinggi. Tekanan datang dari segala arah termasuk media, partai politik, para pejabat militer dan bahkan korea utara. Karena sebagaimana yang kita tahu, dua saudara kandung ini masih berkonflik sampai dengan sekarang.

Mampukah Presiden Park mengemban kepemimpinannya selama 60 hari dan mengungkap siapa yang menjadi dalang atas pengeboman?

Komentar Drama Korea Designated Survivor: 60 Days (2019)

Bagus guys.

Barangkali temanya tidak untuk semua orang. Tapi ceritanya itu rapi banget. Sosok Presiden Park yang kok kayak meragukan sekali pun menemukan kebijakannya sendiri. Tentunya, presiden bukan seseorang yang bekerja sendiri. Banyak orang di sampingnya. Dan cast tambahan kayak yang dimainkan Son Sukku, Lee Mu Saeng dan Choi Yoon Young itu benar-benar sesuatu.

Untuk plotnya agak maju mundur. Di mana ada penjelasan nantinya kenapa Park Moo Jin merasa tidak nyaman dengan jabatannya di awal. Belum lagi ada di gedung biru benar-benar mengusik kehidupan masa lalu keluarga Park Moo Jin, yang mana anak sulungnya adalah anak istrinya dengan suami sebelumnya.

Media di sini digambarkan sangat menyebalkan. Dan memang benar banyak media menyebalkan. Tuntutan dan tekanan datang silih berganti tidak udah-udah. Belum lagi masalah memecahkan siapa dalang pengeboman tidaklah mudah, karena ada sentimen-sentimen terhadap negara seperti Jepang dan Korut.

Saya nonton drama ini sambil santai. Tidak diburu-buru. Kayaknya lebih dari satu minggu selesai nontonnya. Jadi nikmatin konfliknya, dan tentu saja ada kisah cinta tipis-tipis. Dahhh tipis banget pokoknya.

Sonsukku mainnya keren banget. Dia ibaratnya kerja mulu. Pusing mulu, tapi masih bisa naksir sama rekan kerjanya. Akkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.

Mana Sonsukku cepak-cepak ganteng. Uhhh,

Ahjussi Lee Mu Saeng juga memikat. Dia haus pujian dan bekerja dengan saat baik saat menjadi jubir. Ehh saya perhatiian terus ahjussi ini di drama on going sekarang, Maestra.

Endingnya juga realistis. Bahkan penuh dengan “kehormatan.”

Ada hal di mana saya merasa “ngeh” akan kondisi di lapangan. Seperti Park ini kan presiden, keputusannya bisa berdampak pada nasib seseorang, tapi banyak hal menjadi perhitungan. Hal-hal yang bisa diambil dalam drama adalah Presiden Park tidak haus kekuasaan, meski digoda untuk berkuasa, dia tetap mencintai keluarga dan mau berkerja dengan jujur dan baik hati. Berkali-kali staf kepresidenan dibuat ribut karena ucapan jujur Pak Presiden ini.

Cool.

Dan tidak masalah saya nonton sekarang, karena drakor tahun 2023 itu banyak banget yang kurang greget. Saya sih ngerasanya gitu.

Penutup

Link trakteer mimin ada di sini. Terima kasih.

Next Post

No more post

You May Also Like

5 Comments

  1. Saya barusan selesai nonton ulang drama ini. Dulu saya sudah nonton pas awal drama ini keluar. Nah, kondisi sekarang (pemilu) membuat saya ingin menonton ulang. Saya mulai dengan versi aslinya (dibintangi Kiefer Sutherland). Baru nonton ulang drama ini. Memang ceritanya bagus. Namun, karena versi aslinya 3 season, dan di drakor dibuat 1 season, maka ada beberapa bagian yang tidak menjadi seru. Tapi … drama ini sudah bagus menurut saya. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!