Review Film Korea Parasite (2019)

Review Film Korea Parasite (2019) – Huaaaahhhh…. saya udah pengen banget dari kemarin-kemarin nulis review film ini. namun apa daya, karena ngurus yang lainnya juga, jadi saya baru buat sekarang.

Aslinya, dulu waktu pertama-tama rilis di bioskop dan di Indonesia juga ada, saya pengan banget nonton. Tapi setelah dicek, hanya ada 1 biokop di kota saya yang nayangin film ini. Cuma 1, dan letaknya emang yang paling jauh dari rumah.

Dan yang paling nggak enak adalah karena nggak punya gandengan buat nonton. Ahahhahaha… tahun ini aja nih ya, saya cuma nonton film alladin doang di bioskop sama ponakan saya, itupun usai lebaran tahun ini. selebihnya, saya nggak menginjakkan kaki di bioskop lagi.

Yaahhh beginilah nasib saya.

Btw, kenapa saya suka benget diam-diam membuat tulisan curhat di banyak tulisan saya? Karena buat ciri khas aja. Maklum, tukang copas meraja lela gitu. Biar tulisan saya lebih personal dan manusiawi aja.

Okee masuk ke profil filmnya.

Parasite adalah film garapan dan tulisan Bong Joon Ho. Saya pikir dia cukup brilian dalam idenya. Cinematografernya sendiri ada Hong Kyung Pyo. Premier dunianya pada 21 mei 2019. Waktu yang dibutuhkan untuk nonton sampai habis ada 131 menit. Genrenya adalah drama keluarga yang distributornya adalah CJ Entertaiment.

Siapa saya yang main?

Song Kang Ho bermain sebagai Ki Taek. Dia kepala keluarga yang susah menafkahi istri dan dua anaknya. Tinggal di semacam ruangan bawah tanah yang sempit dan bau. Akhirnya dia bekerja sebagai supir di keluarga kaya.

Jang Hye Jin memerankan Choong Sook. Istri dari Ki Taek. Sama-sama hidup dalam keadaan susah. Ia pun bekerja sebagai pembantu keluarga kaya.

Choi Woo Sik memerankan Ki Woo/ Kevin. Dia direkomendasikan temannya mendapatkan pekerjaan sebagai tutor belajar anak remaja kaya. Ia pun melakukannya.

Park So Dam memerankan Ki Jung/Jessica. Dia adik dari Ki Woo. Direkomendasikan Oppanya menjadi guru seni bagi anak keluarga kaya.

Lee Sun Kyun memerankan Mr.Park. btw, kalau yang sudah sering nonton drama korea, wajahnya sama sekali nggak asing lagi, dari zaman Pasta, Listen to Love, sampai waahh banyaklah. Dia jadi kepala keluarga kaya di film ini.

Cho Yeo Jeong memerankan Yeon Kyo memerankan istri dari Park. Dia punya dua anak dan mudah sekali ditipu. Dia juga IRT yang cukup baik.

Jung Ji So memerankan Da Hye. Anak Park dan Yeon Kyo yang beranjak remaja. Kevin adalah guru tutornya, sekaligus kekasihnya.

Jeong Hyun Jun memerankan Da Song. Anak Park yang kecil, suka dengan kemah dan terobsesi pada suku indian.

Lee Jung Eun memerankan Moon Gwang, dia adalah ahjumma pertama yang bekerja di keluarga Park. Dia alergi buah persik.

Park Seo Joon memerankan Min Hyuk. Min Hyuk adalah yang merekomendasikan Ki Woo untuk bekerja di keluarga Park.

Weww… saya bangga dong bisa jelasin para karakter satu-satu. wkwkwk.

Sinopsis Singkat Film Parasite (2019)

Awalnya adalah Min Hyuk yang meminta Ki Woo menjadi Kevin demi menjadi tutor anak remaja kaya dari keluarga Park. Awalnya memang ada unsur tipuan untuk mendapatkan pekerjaan. Mau bagaimana lagi? Satu keluarga nggak punya pekerjaan dengan gaji yang cukup bagus.

Hingga Ki Woo menyeret adiknya untuk menipu kembali, adiknya dijadikan tutor seni bagi anak kecil bernama Da Song. Namanya diubah jadi Jessica.

Jessica menyeret ayahnya menggantikan supir yang ada saat itu dengan tuduhan yang cukup mengada-ada. akhirnya sang ayah jadi supir.

Kemudian yang terakhir adalah menyingkirkan ahjumma yang ada menjadi pembantu dengan cara yang licik juga.

Dan kehidupan ini…. siap jadi malapetaka di kemudian hari.

Komentar Film Parasite (2019)

Ini film korea terbaik tahun ini sih buat saya. Dari awal sampai akhir, kecuali bagian wik wik nya yang saya pikir jadi ganggu aja. Banyak nada satir dalam film ini.

Ada juga dialog menarik seperti. Orang kaya menjadi baik. Atau orang baik yang kemudian kaya. Yang mana coba?

Film ini juga membawa banyak penghargaan Blue Dragon Film Awards. Best film, best director, best actress untuk Cho Yeo Jeong, best supporting actress Lee Jung Eun dan Best Art Design Lee Ha Joon.

Banyak yang nggak saya duga terjadi pada film ini. pertama kok sempat-sempatnya ada adegan wik wik gitu, padahal kalau nggak ada, film ini bakalan cukup “aman” dan nggak mengurangi kisah pentingnya sendiri. Tapi emang sih kalau ada Cho Yeo Jeong kayaknya kurang kalau nggak pakai wik wik. Wkwkwkwkkwkwwk.

Kemudian di ending yang “agak maksa” aja jadinya. Emmmm harus gitu ya? Sebuah bayangan? Fantasi yang…. nggak boleh spoiler yaaa nggak boleh.

Tapi, sejauh saya nonton. Film ini kayaknya layak dijadikan film korea terbaik tahun ini. keren aja gitu tentang kehidupan si kaya dan si miskin. Tentang parasite dan mungkin kita semua di dunia ini juga adalah parasite yaa.

Sebuah film yang harus kamu tonton kalau belum ya… itu doang kesimpulannya.

Advertisements

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!