Move To Heaven (2021): Pesan Terakhir yang Diungkap Jasa Pengemasan Barang Mendiang

Drama Korea Move to Heaven (2021)

Move To Heaven (2021): Pesan Terakhir yang Diungkap Jasa Pengemasan Barang Mendiang – Menyenangkannya nonton drama korea produksi Netflix adalah dramanya sudah selesai. Yep, produksi netflix, bukan drama yang menggunakan netflix sebagai distributor original. Kenapa dramanya sudah selesai malah jadi asyik?

Karena kecenderungan direcoki sama penonton sangatlah kecil. Bahkan sulit. Memang, tidak semua drama korea produksi netflix nggak semuanya bagus. Contohnya Love Alarm yang buat saya “nggak banget”. Tapi Move To Heaven menjadi yang tidak mengecewakan.

Profil Drama Korea Move to Heaven (2021)

  • Judul Drama: Move To Heaven / Move To Heaven: I Am a Person Who Arranges Articles Left by Deceased (literal title)
  • Revised romanization: Move To Heaven: Naneun Yoopoomjungrisaibmida
  • Hangul: 무브 투 헤븐: 나는 유품정리사입니다
  • Sutradara: Kim Sung-Ho
  • Penulis: Yoon Ji-Ryeon
  • Network: Netflix
  • Episodes: 10
  • Tanggal Rilis: May 14, 2021
  • Bahasa: Korea
  • Negara: Korea Selatan

Cast  Drama Korea Move to Heaven (2021)

Lee Je Hoon memerankan Cho Sang Gu. Paman yang baru keluar dari penjara.

Tang Joon Sang memerankan Han Geu Ru.

Hong Seung Hee memerankan Yoon Namu.

Ji Jin Hee memerankan Han Jeong U. Ayah dari Han Geu Ru.

Lee Moon Sik memerankan Park Joo Taek.

Lim Won Hee memerankan Pengacara Oh.

Dan beberapa cast tambahan karena tiap-tiap kisah menampakkan pemainnya yang berbeda. Cameo yang terkenal diantaranya ada Sooyoung, dan Mbak Jaksa. Duh lupa namanya.

Sinopsis Singkat Drama Korea Move to Heaven (2021)

Sebuah profesi unik dijalankan, yaitu membereskan barang-barang orang yang sudah meninggal. Biasanya, orang tersebut meninggal di tempat pribadi mereka, seperti apartemen atau rumahnya. Tapi tidak semuanya demikian, yang berpulang di tempat kerja pun ada.

Intinya, para mendiang yang dikisahkan dalam drama ini punya pesan yang dipecahkan oleh jasa pembersihan Move to Heaven.

Awalnya dikelola oleh dua orang, Han Jeong U dan anaknya Han Geu Ru. Han Jeong U saat menyeberang jalan mendapatkan serangan jantung dan tidak bisa selamat. Han Geu Ru dengan bakat khusus meski punya kekurangan akhirnya tetap menjalankan pekerjannya.

Datanglah sang paman bernama  Cho Sang Gu. Paman ini adalah saudara satu Ibu dengan Han Jeong U. Ayah mereka berbeda, sebabnya nama marga mereka berbeda. Cho Dang Gu baru keluar dari penjara, ia ditunjuk Han Jeong U menjadi wali Han Geu Ru selama 3 bulan percobaan.

Han Geu Ru masih melanjutkan pekerjannya, ada kasus nenek yang meninggalkan banyak uang di bawah selimut listrik, ada kisah pembunuhan yang dilakukan sang pacar pada guru TK yang disayangi murid, ada seorang pemuda yang tewas di kamar kosnya yang kecil karena sakit yang disebabkan oleh kecelakaan kerja, dll.

Masing-masing kisah biasanya menghabiskan satu sampai dua episode.

Episode terakhir adalah tentang bagaimana Han Geu Ru yang harus melepaskan kepergian ayahnya. Padahal sudah meninggal di episode awal. Begitulah, pekerjaan melepaskan kadang memerlukan banyak waktu.

Han Geu Ru bagi saya menjadi tolak ukur pertama dalam drama, ia kuncinya, bukan Cho Sang Gu (yang diperankan oleh Lee Je Hoon).

Drama Korea Move to Heaven (2021)
sumber: asianwiki.com

Komentar Ulasan Drama Korea Move to Heaven (2021)

Cinematografi mantep.

Sudah bikin penasaran dari episode pertama.

Awalnya saya mengira drama ini akan ada kisah mistis atau hantu. Ternyata dugaan saya sangat salah, bener-bener drama yang pakai logika. Han Geu Ru memang merupakan pemuda dengan berkebutuhan khusus dan unik. Tapi karena dengan hal itu, ia menjadi sangat teliti.

Rasa-rasanya seperti drama yang “membongkar kasus”. Bukan sekadar membereskan barang saja.

Misalnya, kasus Mbak Guru yang ditusuk. Ternyata Han Geu Ru bisa tahu ada CCTV dan mengungkap kisah pembunuhan yang sebenarnya. Juga pesan nenek yang menyimpan uang dalam selimut, ada juga kisah sesama jenis guys, seperti kisah dokter dan juga seorang pemain cello.

Btw, dalam drama korea saat ini sudah sering ditemukan kisah jeruk makan jeruk yaa? sumpah makin ke sini makin sering aja. Bisa jadi nanti malah jadi kisah utama. Drama On Going kayak Mine aja kisah jeruk makan jeruk.

Move to Heaven pada dasarnya adalah bicara tentang profesionalisme kerja. Bener-bener tidak hanya membereskan barang yang tersisa. Melainkan mengungkap kisah yang mungkin akan sulit dipecahkan.

10 episode sangat solid, pemainnya sangat apik, endingnya juga punya tempat untuk pemain utama.

Secara perubahan karakter dalam drama, ada banget. Ada perjalannya, baik dari sisi Han Geu Ru atau pamannya.

Ternyata penulisnya setelah dicari tahu, beliau yang buat naskah pembaruan untuk drama Boys Over Flowers. Ada juga catatan inspirasi seperti dijelaskan melalui laman asianwiki yang terjemahannya sebagai berikut:

Cerita dimotivasi oleh esai nonfiksi “Ddeonan Hooe Namgyeojin Geotdeul” oleh Kim Shae-Byeol (diterbitkan 20 Juli 2015 oleh Chungrim). Kim Shae-Byeol adalah orang pertama di Korea yang bekerja untuk menyusun artikel yang ditinggalkan oleh almarhum.

So, kisah dalam drama memang tentang kehidupan, meski pada dasarnya orang-orang pemilik kisah itu sudah tiada.

Kesimpulannya?

Cakep. Solid.

Secara pengembangan karakter, kisah, dan cinematografi.

Terasa seperti drama investigasi tapi unik karena diambil dari sudut pandang Han Geu Ru. Juga karena kisah ini mengambil cerita orang yang sudah meninggal, maka unsur sedihnya dapet. Tapi bukan yang bikin membuncah nangis terus.

Ada jeda yang bikin penonton nggak nangis melulu. Itu tadi, kembali pada atmosfer drama investigasi yang nyatanya memang unik.

Direkomendasikan banget cuy.

Nontonnya dimana?

Netflix.

Dah gitu aja.

Seperti biasanya nggak bosan-bosan. Buat kalian yang mau trakteer mimin bisa di link yang ini.

Terima kasih semoga kalian senantiasa sehat dan punya kuota untuk mengakses tulisan di besoksore.com.

Bye.

You May Also Like

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!