Kesan Pertama Nonton Drama Korea Melancholia (2021)

Kesan Pertama Nonton Drama Korea Melancholia (2021) – Apa yang kalian harapkan dengan drama korea dengan sudut pandang anak-anak yang belajar matematika?

Telah banyak drama tentang anak sekolah yang ingin berprestasi di sekolah mereka. Ada dari sisi olahraga, seni, sampai secara umum.

Melancholia membawa bau-bau pelajaran yang biasanya dicap susah; matematika.

Profil Drama Korea Melancholia (2021)

  • Judul Drama: Melancholia
  • Revised romanization: Melancholia
  • Hangul: 멜랑꼴리아
  • Sutradara: Kim Sang-Hyub
  • Penulis: Kim Ji-Woon
  • Network: tvN
  • Jumlah Episode: 16
  • Tanggal Rilis: November 10 – December 30, 2021
  • Hari Tayang: Rabu & Kamis 22:30
  • Bahasa: Korea
  • Negara: Korea Selatan

Pemain Drama Korea Melancholia (2021)

Lim Soo Jung memerankan Ji Yoon Su.

Lee Do Hyun memerankan Baek Seung Yoo.

Pemeran tambahan:

Choi Dae Hoon memerankan Ryu Sung Jae.

Oh Gwang Rok memerankan Ji Hyun Wook.

Jeon Guk Hyang memerankan Shin Kyung In.

Han Ki Joong memerankan Ryu Hyun Il.

Woo Davi memerankan Sung YeRin.

Sinopsis Singkat Drama Korea Melancholia (2021)

Lim Soo Jung yang memerankan Ji Yoon Su adalah seorang guru matematika yang sangat cerdas di bidang dan profesinya. Ia bekerja di sekolah Asung yang merupakan sekolah swasta bergengsi.

Di sekolah Asung, ada pimpinan yang bernama No Jung A (diperankan oleh Jin Kyung) yang hanya ingin citra sekolah, tanpa memikirkan banyak hal seperti kepentingan perkembangan anak-anak. Maka No Jung A lebih memikirkan cara apapun, bahkan managemen konflik.

Di sekolah, ada anak yang sangat berbakat bernama Baek Seung Yoo. Sayangnya dia mengalami trauma di masa lalu yang menyebabkannya seperti tidak ingin menonjolkan diri. Bagaimana pun, Baek Seung Yoo adalah pencinta matematika dan masih mempelajarinya. Terdengar seperti bakat alami dan ketulusan belajar.

Guru Ji lah yang membuat Baek Seung Yoo mau maju kembali. Ia ikut ujian dan ternyata mendapatkan nilai sempurna. Sama seperti Yerin.

Pada episode ketiga. Guru Ji harus membimbing dua anak, Yerin dan Baek Seung Yoo yang sama-sama mendapatkan nilai sempurna.

Komentar Kesan Pertama Nonton Drama Korea Melancholia (2021)

Emmm.

Episode pertama ada semacam “kunci” dimana Guru Ji dibuat bermasalah dengan muridnya Baek Seung Yoo dengan tuduhan yang memalukan.

Kemudian episode berjalan dimana masalah tersebut belum terjadi. Saat-saat Baek masih belum memperlihatkan bakatnya sampai ia dilatih menjadi salah satu perwakilan dari sekolah pada kompetisi tertentu.

Kalau membahas soal rating, drama ini konsisten menurun ratingnya dari episode awal sampai episode pertama.

Mungkin, orang-orang tidak suka matematika.

Tapi, kita sama-sama tahu ada drama hukum kayak Law School yang mana bener-bener mempelajari tentang hukum.

Ayo sedikit membahas matematika.

Kalau suatu ilmu diyakini sebagai keindahan, dan saya yakin itu.

Maka matematika adalah keindahan yang dingin. Matematika tidak ada dalam euforia gegap gempita. Matematika begitu “dingin”.

Murid Baek Seung Yoo melihat rumus matematika pada banyak bangunan yang ia lihat. Ia melihat dengan sudut matematika. Menyukainya dan ada gelojak saat mempelajarinya. Berbeda dengan murid kebanyakan yang fokusnya adalah tentang nilai.

Ada orang-orang yang bermain di permukaan.

Ada orang-orang yang menyukai kedalaman. Keduanya sah-sah saja. Tapi yang paling buruk adalah soal iri hatinya manusia.

Ada yang memang ada di level harus kerja keras.

Ada yang harus mati-matian belajar. Yang mati-matian belajar ini kebanyakan iri hati pada anak yang berbakat secara alami.

Begitulah hidup.

Tuhan memberikan manusia “modal” yang pada makhluknya teramat berbeda.

Baek Seung Yoo pun banyak menghabiskan waktu dengan Guru Ji. Nambah iri anak-anak yang lain tuh. Bahkan sampai ada di level fitnah.

Huh..

Para orangtua yang menyombong soal prestasi anaknya.

Pimpinan sekolah yang gila citra.

Anak-anak sekolah yang jadi “zombie” demi nilai tinggi.

Tapi ada anak yang memang tulus belajar. Beberapa orang matanya berbinar-binar ketika belajar harus ternodai dengan persaingan tidak sehat dan tidak tulus.

Kesimpulan Kesan Pertama Nonton Drama Korea Melancholia (2021)

Istilah Melancholia pernah dibahas di episode 3. Menyerempet soal depresi dan ada secercah harapan di dalamnya.

Memang agak berat.

Tapi kayaknya masih pengen saya pantau.

Penutup

Link trakteer saya ada di sini.

Terima kasih sudah membaca.

You May Also Like

3 Comments

  1. Bukan soal matematika yang bikin orang jengah sama drama ini. Tapi gap usia dan status dari 2 main lead nya. Mau bikin noona romance pun setidaknya harus ada logika. Umur mereka terpaut sangat jauh baik dari drama maupun aslinya. Lim Soo Jung itu sekitar 42 tahun lho. Dan Lee Do Hyun d umur 26 tahun. Sangat besaaaaar gap usianya dan dirasa kurang sepadan. Banyak reviewer di forum international yang mulai risih melihat episode 3 ke atas karena ada romancenya. Bukan soal matematika.

      1. Pasti mengarah kesana min, soalnya dari sinopsisnya entah mereka dijebak dan dituduh ada skandal seks dkk atau bagaimana yg pasti dri pihak cowok udah ada crush ke gurunya. Andai gap usia sang guru gak begitu jauh dengan male lead nya mungkin masih bisa diterima di korea. Di korea, hubungan guru murid masih kurang bisa diterima. Kalau dosen mahasiswa selama gap usianya gak lebih dari 5 tahun masih oke apalagi klo dosennya cowok. Terasa dari rating yg makin menurun di korea. Sayang aja Lim Soo Jung harus terima drama ini dengan plot guru murid. Waktu search www sih gap nya juga beda 10 tahun tapi mereka udh di dunia kerja. Status lee do hyun disini masih dibawah umur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!