3 Tahun Besok Sore yang Tanpa Kue (Blog Kecil diantara Web Besar)

3 Tahun Besok Sore yang Tanpa Kue (Blog Kecil diantara Web Besar)

Tulisan kategori random nih. Di tulisan rekomendasi drama korea terbaik selama 30 tahun hidup. Kalian pasti sudah tahu waktu itu HUT-nya mimin.

Tahu nggak?

Malam di mana esoknya saya bertambah umur. Saya memimpikan satu kejadian, saya pergi bersama dua orang teman. Dua-duanya perempuan. Saat itu saya ultah, mau beli kue yang dipajang di etalase dan bagus-bagus. Kayaknya manis banget gitu. Tapi harganya antara 80rb-90rb. Sedangkan uang di dompet nggak lebih dari 30rb. Akhirnya, tidak ada kue di mimpi saya itu.

Pas bangun saya sadar. Memang tidak ada kue di kenyatannya.

Ada lagi, H-1 sebelum hari ulang tahun….

Di usia saya, teman saya itu nggak banyak. Yang saya anggap teman yang lumayan dekat, saya WA. Dan kalian tahu apa balasan chatnya?

“Bodoamat.”

Gitu katanya. Kemudian diiringi dengan kata, “wkwkkwkw.”

Anehnya, saya yang terbiasa dengan kalimat yang bahkan menyakitkan. Beberapa detik setelahnya malah menangis. Saya benar-benar menangis yang air matanya meleleh setidaknya beberapa menit.

Sejujurnya, saya nggak mengharapkan balasan atau respon yang bagaimana. Basa basi sudah cukup. Apalagi berharap hadiah. Sama sekali tidak demikian. Tapi kok kata bodoamat itu begitu menyakitkan saat itu, sampai saya menangis. Akhirnya saya diam saja. Tidak membalas kembali pesannya.

Mungkinkah sebenarnya kata “bodoamat” itu membuat saya merasa sebenarnya saya nggak pernah punya teman baik kayak di dramanya Be Melodramatic?

Mungkin saja.

Yap. Segitu saja curhat saya mengenai HUT saya sendiri.

Besoksore.com telah melewati kelahirannya yang….

Kalian tahu nggak? Kalau membuat blog/website itu butuh uang. Ada sewa ini dan itu setidaknya selama satu tahun. Besoksore lahir dari uang pinjaman ke dua orang teman. Saya bahkan masih ingat di alfamart mana saya membayar tagihannya.

Kemudian agak bingung bagaimana mengistall ini dan itu. Tapi lumayan lancar karena punya pengalaman sebelumnya.

Waktu itu saya masih di tempat kerja lama usai membayar di alfamart dan kembali ke tempat kerja. Sibuk dengan laptop putih saya yang sudah rusak.

Dan ada yang komentar. “Itu ngapain sih di depan laptop? Sok pinter banget.”

Tapi banyak teman membela saya tanpa saya perlu merespon. “Lhaa emang pinter….”

Wkwkkw. Kalau ingat jadi gelis sendiri.

Uang Pinjaman ini harus dikembalikan…

Dua teman saya yang dimintai pinjam sudah minta uang mereka balik. Akhirnya, terpaksalah gali lobang tutup lobang. Untuk menutupi utang saya itu. Saya sampai ambil pinjaman dengan bunga (karena jelas, nggak ada teman lagi yang bisa dipinjami). Lagian, zaman sekarang, susah sekali dapat pinjaman kalau nggak kasih bunga. Kalau mau sama teman, itu harus cepat banget.

Okelah aman. Setidaknnya saya sudah bayar tagihan ke teman. Bersyukur aja tagihan berikutnya saya bisa bayar sampai lunas.

Tahun 2017….

Karena kebutuhan hidup. Karena tagihan saya yang agak banyak. Akhirnya saya banyak nggak jajan. Makanan yang dimakan, haruslah yang “bikin kenyang”, nggak peduli enak apa nggak.

Ada kisah di mana saya punya sepatu karet yang harganya 30rb, saya pakai sepatu itu sampai retak. Sampai belah, dan di tahun itu masih belum bisa beli sepatu baru.

Karena keuangan susah banget saat itu, di jalanan sempit menuju rumah, yang lebih banyak sawah dan sawah. Bensin di motor menunjukkan satu garis, sedangkan uang hanya 5rb saja. bersyukur lagi, ada pom mini yang bisa isi 5rb. Akhirnya. Saya bisa sampai rumah tanpa motor mati di jalanan.

Di tahun yang sama. Tbtb motor yang saya naiki bocor bannya. Setelah ketemu tambal ban, ternyata robek karena paku. Biayanya 20rb saat itu. Tapi saya nggak bisa bayar sebab hanya ada uang 14rb.

Mamang tambal ban tahu saya nggak bisa bayar. Sebab saya nampak menelepon teman dan minta tolong tapi nggak ada yang bisa dimintai tolong. Mamang tambal ban dengan baik hati, saya bisa bayar besok.

Akhirnya saya ngutang ke mamang tambal ban. Dengan berpikir, “bagaimana kalau saya adalah pelanggan pertama. Bagaimana kalau mamangnya juga susah juga. Pelanggannya malah saya yang utang.”

Di perjalanan pulang saya nangis. Nangis karena uang segitu aja saya nggak punya. Bener-bener nangis. Cuma nggak ada yang tahu karena ketutupan helm.

Tahun 2017 tahun lahirnya besoksore, tahun yang berat. Tapi terlewati.

Yah, itu tahun lahirnya besoksore yang juga menjadi tahun terberat saya hidup. Saya juga putus cinta tahun itu, ada rasa kehilangan harapan (tapi kemudian saya bertahan), sebagai mana yang kalian tahu. Saya masih hidup. Ada yang bilang, ketika masih menulis, maka jiwa penulisnya masih sehat.

Menulis….

Pernah nonton Lovely Horribly?

Dalam drama yang dimainkan Song Ji Hyo, dia jadi penulis. Sebabnya adalah Bapaknya yang Tukang Bangunan begitu miskin. Sampai ada kertas terbang kena air, dan menulis adalah “mainannya” karena murah. Ayahnya nggak bisa membelikannya mainan.

Benar. Menulis adalah yang paling “murah”. Setidaknya saat itu saya ada laptop yang sudah dipunya dari tahun 2012 dan jaringan internet.

Akhirnya, saya mulai serius mengisi di blog.

Blog Kecil diantara Web Besar

Semua materi apapun itu, sudah diambil sama web besar. Bahkan untuk yang sesepele seperti rekap. Kalian paham web besar ‘kan? Itu lho yang nggak asing lagi kayak tribun, bahkan tirto(dot)id aja bikin konten tentang korea-korea.

Blog saya ini hanyalah blog kecil yang sering kali nggak menang kalau di mesin pencari dibandingkan web besar. Web besar itu punya modal besar, mereka bisa dengan mudah mendapatkan konten dan penulisnya banyak. Sedangkan blog ini masih mengandalkan saya. Sempat mau beli tulisan, tapi masih belum bisa. Karena beberapa alasan di keuangan, aahh lagi-lagi.

Blog kecil seperti besoksore masih ada sampai sekarang berkat dukungan para pembaca yang loyal datang lagi dan lagi ke sini. Itu sudah membuat saya cukup merasa punya teman guys.

Salah satu motivasi saya punya blog yang ngomongin drakor adalah saya sering nyari bacaan komentar nonton drakor. Tapi seringnya nggak sejalan sama apa yang dipikirkan. Karena web web besar biasanya bilang drama itu seolah bagus semua. Seolah semuanya direkomendasikan.

Buatlah saya blog ini. Berjalan agak lambat, natural aja nulisnya, sedapatnya isi kepala. Miminnya nggak jago promo di sosmed. Miminnya bahkan menyembunyikan tulisannya di orang-orang dekat. Tidak pamer. Diam saja, biar dikirain wakil presiden.

3 tahun besok sore dan ucapan terima kasih…

Terima kasih pada Tuhan sebab sudah memberi hidup yang warna-warni, kalau saya nggak pernah susah. Saya mungkin nggak akan banyak belajar.

Terima kasih pada diri sendiri. Terima kasih sebab nggak menyerah dan berjalan semampunya. Terus melakukan hal-hal yang sekiranya membuat hatimu tabah. Terima kasih telah bertahan.

Terima kasih pada pembaca besoksore, yang di follow di FB dan IG (Yang jumlahnya pengikutnya tidak seberapa), yang menunjukkan diri di kolom komentar maupun tidak. Tapi sudah cukup membuat saya punya teman. Kalian begitu berarti.

Sebenarnya ultah besoksore tanggal 23 agustus. Tapi biarlah. Saya buat agak duluan tulisannya.

Sekali lagi.

Gumawo.

Tidak ada kue.

Tapi masih mengharap kapan-kapan bisa beli kue.

Advertisements

You May Also Like

10 Comments

  1. Happy Birthday!!!
    Untukmu dan blogmu

    Terimakasih atas usahamu melewati semua sendiri sampai bisa hasilkan besok sore

    Tak apa tak punya teman seperti di drama. Tapi usahamu tulis content buat kami (si silent reader) jadi punya teman. Teman yang lagi cerita drama korea yang kemarin ditonton.

    Keep fighting!!!

    1. huhu… iya nih. sama-sama terima kasih.
      pasti ini pembaca yang biasanya diam. soalnya komennya pending. kalau udah biasa komen biasanya langsung muncul komennya.

  2. betul kata kk admin,
    rasanya baca blog ini kayak denger pendapat temen
    alhamdulillah klo kk admin ngerasa ada temen ngobrol ketika baca komentar kami para pembaca

    klo kk admin muncul depan para penggemar blog ini, pasti kk bisa dibilang “influencer” dalam tontonan korea
    isi reviewnya jujur, kadang koplak, kadang ngenes
    (bacanya sambil dihayati)
    XD

    namanya pendapat orang beda-beda, aq juga kadang sesuju ama rekomendasi kk admin
    kadang ya aq juga berhenti tengah jalan klo aq kurang sreg, meski kk admin bilang rekomendasiin banget
    namanya selera orang beda-beda
    aq bersyukur klo kk masih mau meluangkan waktu duluan untuk ngasih tau sedikit isi drama terbaru

    dulu aq suka banget nonton drakor, semua yang lagi hits q tonton
    tapi sekarang milih-milih, dan bingung gimana cara milihnya
    semenjak baca besoksore, aq jadi punya sedikit bayangan untuk dapat memilih drakor mana yang akan q tonton

    mengenai cerita di atas, pas ultah kk admin
    mungkin kk sedang ingin di”selamat”in aja ama temen
    tapi ternyata temen2 kk pada jawab bodo amat,
    mungkin mereka hanya bercanda

    pertemanan sejati adalah yang gak makan hati
    emang bener semakin tua semakin berkurang teman qta,
    karena saat ini qta butuhnya teman hidup, bukan teman yang ketemunya di acara hangout doang

    klo teman hidup, qta diwajibkan untuk menerima kekurangannya
    bahkan ketika dia tidak ingat hari kelahiran qta, tidak ingat makanan kesukaan kita

    betewe, rasanya pengen kopdaran sama kk admin, meet and greet gtu(serasa pengen ketemu artis)
    XD
    biar kk tau bahwa teman kk admin itu banyaaaaakkkk

    1. huaaaaaa….. apalah saya, berat kalau menyandang influenser. saya cuma kebetulan adalah penonton drakor.
      hanya bedanya saya buat laporan dalam bentuk tulisan dan saya kumpulkan di sini.
      terima kasih.

      iya. mungkin itu becanda bilang demikian. tapi mungkin sayanya aja yang lagi mellow waktu itu.
      di besoksore juga nggak semuanya ditonton. banyak drakor yang saya “tinggalkan” cuma mencicipi di awal.

      ada yang bilang menyayangkan tulisan saya karena mereka nggak setuju. tapi bener… lagi-lagi masalah selera.
      tapi kalau nggak setuju, saya bisa tampung di kolom komentar tanpa adanya keributan yang gimana-gimana.

  3. Slamat ulang tahun blog “besok sore” satu2 nya blog yg mengerti pembacanya, karena ngasih link ” episode berikutnya” dan episode sebelumnya”, ngasih link drama yang lagi dibicarakan, suka deh, jadi kami pembacanya tidak pusing bolak balik nyari episode dan drama yg dimaksud. Yg kadang agak “gila” nulisnya, bener2 apa adanya wkwkwk…..
    Jangan bersedih tidak ada kue ultah, siapa tau tanpa kue ultah membuat miminnya nggak tambah endut hehehe….
    Smoga blog “besok sore” smakin besar dan bermanfaat bagi pembacanya, mimin “besok sore” slalu sehat, sukses, bertemu jodoh yg tpat, dan bahagia slalu, aamiin…..
    Tetap smangat mimin besok sore, we lop u…💖💕

  4. Berarti ulang tahun mimin 24 Juli?

    Happy belated birthday! Semoga semua keinginan tercapai.

    Ada post tentang profil mimin?

  5. Happy belated birthday..

    Kayaknya kita senasib soal pertemanan. Semakin bertambah usia, kyaknya makin susut lingkaran pertemanannya. Haru biru bacanya karena blog ini dirajut dengan susah payah, nggak heran kalau ada yg sok copas gitu aja rasanya perih ya..
    Saya hanya bisa mendoakan dari jauh.. Terus semangat, jika memang nonton drakor dan menulis membuatmu bahagia maka menulislah..

    Ketika satu pintu menuju kebahagiaan tertutup, pintu lain menuju kebahagiaan lain akan terbuka untukmu. Mungkin bukan hal yang hebat atau istimewa, tapi muncul dari hal-hal kecil dan sepele. Selama tidak menyerah dan mengumpulkan keberanian melangkah ke sana, kamu akan menemukan kebahagiaan tanpa kamu sadari sebelumnya. (30but17)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!