Covid-19 Berimbas Pada Industri Drama Korea yang Mulai Dihentikan Sementara

Covid-19 Berimbas Pada Industri Drama Korea yang Mulai Dihentikan Sementara – Saya nulis di sini sebagai unek-unek aja sih. Karena COVID-19 emang efeknya benar-benar ke banyak sektor. Di awal datangnya saja. Saya sampai merasakan betapa ngenesnya harga iklan. Sama sekali nggak sebanding sama usaha yang dilakukan. Tapi, mau gimana lagi?

Hidup harus terus berjalan bukan? Kemudian, tata letak utamanya hidup adalah bagaimana menjadi “survive” dalam keadaan apapun.

Sebelum masuk ke komentar saya. begini rangkuman beritanya.

Sebelum KBS, JTBC sudah lebih dulu menunda syuting ‘Private Life’, ‘Run On’ hingga ‘More Than Friends’ karena aktor dan staf pernah kontak fisik dengan pasien COVID-19.

Sumber. Wowkeren.com

Nah kalau KBS gimana?

KBS mengumumkan “To All the Guys Who Loved Me” dan “Do Do Sol Sol La La Sol” menunda proses syuting.

“Dalam situasi di mana pandemi menyebar dengan cepat, kami telah memutuskan untuk menghentikan produksi drama seperti ‘Do Do Sol Sol La La Sol’, ‘If You Cheat, You Die‘, dan ‘Villa Samkwang‘, untuk alasan keamanan guna mencegah para pemain dan kru terinfeksi.”

“Menyusul penghentian sementara produksi, drama Rabu-Kamis berikutnya, termasuk ‘Do Do Sol Sol La La Sol’ yang dijadwalkan tayang perdana pada 26 Agustus, pasti akan dijadwal ulang. ‘The Secret Man‘ juga akan dibatalkan selama seminggu.”

“Jadwal siaran di masa mendatang juga fleksibel untuk diubah tergantung pada situasi COVID-19. Kami mohon pengertiannya karena ini langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19.”

Huaahhhh…. Itu baru KBS dan JTBC.

Netflix juga ternyata ikutan. Ini beritanya. Dikutip dari kompas.com

“Keputuan untuk melanjutkan produksi akan dilakukan tergantung pada situasi di masa ke depannya. Kami akan memutuskan untuk melanjutkan produksi dengan mempertimbangkan keselamatan seluruh tim produksi sebagai prioritas utama,” tambahnya. Akibatnya, syuting drama Netflix berjudul Squid Game dan Our School Now ditangguhkan untuk sementara waktu.

Di tempat lainnya saya baca bahwa Netflix saat ini hanya menayangkan drama yang memang produksinya sudah selesai. Kayak Stranger 2, itu sudah kelar pembuatannya. Jadi, bakalan tetap tayang.

 

Komentar Covid-19 Berimbas Pada Industri Drama Korea yang Mulai Dihentikan Sementara

Btw, baca dua web besar di atas sumpah ruwed banget. Wkwkkw.

Mulai dari pop up iklan yang tbtb muncul, sampai dengan video yang tbtb diputar. Edan…. langsung kuota mamam banyak. Duh ya.

Kadang saya suka sedih baca webnya media. Suka nggak karuan iklannya. Kalau mau motong tulisan juga bener-bener entah jadi irisan keberapa. Segitunya Tuhan, mau bikin orang klik klik web mereka terus. Suka jengkel saya!!!

Dahla, tinggalkan kejengkelannya dan mari masuk ke komentar.

Biasanya, kalau ada drama yang muncul baru. Udah pada bermunculan gitu aja tuh. Saat ini, bener-bener kerasa sekali keterlambatannya. Biasanya sampai bingung mau nonton yang mana duluan. Sekarang bingung upatean drama barunya nggak pada muncul. Kalau ada itu dikit banget.

Apakah ini waktunya kita yang demen banget sama drakor sedikit memberikan waktu pada diri kita sendiri?

Mungkin saya pribadi di sini. Kalau kalian lihat malah mengulas drama yang sudah pernah saya tonton di masa lalu. Atau yang sedang dicoba-coba adalah membuat rekomendasi drakor.

Agak puyeng sih ngomongin drama lama. Sebab saya harus mengingat-ingat. kadang banyak kelupaan untuk yang sudah lama banget.

Saya juga membeli dua buku untuk dibaca. Satu buku semacam buku sosial dan kedua buku filsafat. Wkwkwkk. di sini liho.

Eeh jangan salah lho, di besoksore juga ada ulasan buku, meski nggak sebanyak ulasan drakornya. Tiap kali membaca buku, itu semacam pembelajaran akan kesetiaan pada dunia literasi. Minal adalah budaya baca dan tulis.

Saya juga mulai denger kajian-kajian di youtube, ada ngaji filsafat yang lagi saya suka. Rasanya enak aja di dengarkan.

Btw, kalian tahu nggak? Kadang di besoksore juga membahas musik.

Entah kadang ada kelegaan juga…

Kelegaan untuk mengurangi nonton drama juga sih. Ada atau tidak adanya pandemi. Baik untuk alasan menulis atau bukan. Tontonan saya itu selalu banyak aja.

Yang Esensial dari Hidup itu Apa?

Adanya pandemi kali ini mempertanyakan kembali pada diri sendiri, apa sih yang penting dari kehidupan ini? bagaimana menyederhanakan keinginan ini dan itu. Bagaimana situasi yang biasa kita lakukan menjadi sangat mahal. Seperti berkumpul dan berdekatan dengan banyak orang.

Bagaimana pergi menjadi sangat ribet, karena di tempat saya banyak gank diisolasi. Karena banyak keluarga yang terjangkit Covid-19.

Bersyukur Saja Ya?

Bersyukur saja deh sama yang Memberi Hidup. Barangkali kita sudah sibuk banget berususan sama dunia.

Oh iya, di samping saya kehilangan pekerjaan. Saya juga belajar menanam. Katanya, Indonesia itu terlalu sibuk membangun sampai lupa menanam. Saya senang sih bisa panen dan makan makanan yang ditanam oleh diri sendiri.

Mengengok Blog Legendaris

Mengengok blog legendaris tentang drakor yang dikelola dengan perorangan itu menarik lho. Saya melihat mereka udah banyak nggak update kayak dulu. Mungkin secara pribadi, mereka sibuk dengan aktivitas hidup mereka.

Saya mikir. Gimana kalau konten tentang drakor tbtb jadi susah buatnya?

Dan saya juga menjawab. Saya akan belajar pada proses menulisnya. Bagaimana ide/gagasan/pendapat yang disampaikan di tulisan tercurahkan. Maka, kalau satu lini sudah sepi. Saya akan tetap menulis.

Tentang apapun. Sepanjang saya mau belajar.

Saya juga sadar bahwa apa-apa yang tidak saya ketahui lebih banyak dibanding yang saya tahu. Jalani aja deh ya. Tetap nulis yang jelas.

 

Advertisements
Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!