Mimin Besoksore.com Bisa Ditrakteer Es Krim Lho!

Mimin Besoksore.com Bisa Ditrakteer Es Krim Lho! – Selamat malam pembaca. *karena tulisan ini dibuat malam hari.

Sebenarnya saya nggak tahu apa itu trakteer.id. Tapi sekarang sudah tahu. Begini ceritanya.

 Awalnya saya lihat dari blog teman saya yang mendadak “ilang”.

Blog itu muncul kembali di tempat yang berbeda. Setelah baca-baca kisahnya, ternyata dia pindah karena beban untuk sewa hosting dan domain yang makin mahal tiap tahunnya, jauh dari penghasilannya.

Skrol-skrol ke bawah akhirnya nemu link untuk trakteer teman saya tadi. Istilah yang dipakai di akun teman saya ini cendol. Satu cendol bernilai 5000. Saya pun langsung coba kirim beberapa cendol.

Sebagai sama-sama penulis blog. Saya tahu sekali gimana rasanya membayar hosting dan domain yang rata-rata naik tiap tahunnya. Apalagi ketika tulisannya makin banyak.

Nyesek banget ketika tahu teman saya nggak bisa nulis karena blognya selalu “down” saat membuat tulisan baru. Ia tidak berani menulis hanya karena tempat di blognya sudah nggak muat.

Yaa kayak kalian main hape. Hape selalu punya keterbatasan yang sudah diketahui saat lihat speknya. Kian lama, hape nggak bisa bekerja dengan baik karena sebagai user terus menambah file sampai peringatan kepenuhan memori.

Saya juga pernah ada di posisi itu. Pokoknya mules banget buka blog gara-gara takut down. Sedangkan pilihan satu-satunya adalah upgrade paket, yang mana bloger harus membayar biaya yang lebih besar.

Sedangkan satu tahun belakangan, harga slot iklan sangatlah nggak bagus, dampak dari COVID 19. Tahun lalu, harga terendah adalah 1000 rupiah tiap 1000 tayang. Bahkan kurang kalau nggak salah ingat, sekitar 800an.

sumber Pixabay

Saat itu pengiklan jelas-jelas memperlangsing biaya iklan mereka. Yaa bayangkan saja iklan seperti tiket dan hal yang berhubungan dengan wisata mendadak nggak ada.

Kemudian saya mikir.

Kenapa saya nggak ikutan aja bikin halaman akun di trakteer.id

Sama seperti teman saya tadi.

Tidak bisa dipungkiri, selain dukungan motivasi dari pembaca. Dukungan finansial juga diperlukan.

*iya. Sejujurnya memang demikian awalnya.

Emang Trakteer.id Itu Apa?

Semacam sebuah startup yang membantu kreator mendapatkan dukungan finansial. Semacam kasih tip buat kreator dari para penikmat karyanya.

Sang kreator ini bisa macem-macam, ada yang bikin komik, youtuber, penulis di berbagai tempat, sampai yang seperti saya, blogger.

Dalam trakteer ada macam-macam istilah yang dipakai menjadi unitnya, kalau saya pilih eskrim. Dengan satu unit eskrim 10.000. Ada juga yang pakai coki-coki atau pizza.

Saya pilih es aja deh. Biar adem hatiku. Karena yang panas di kepala sudah banyak.

Pendukung bisa memberikan dukungan sesuai dengan jumlah unit yang mereka mau. Bisa saja kasih beberapa, minimal 1 unit. Bisa juga langganan tiap bulan, tapi sekali doang pun ada. Tinggal pilih.

Untuk memberikan dukungan, pendukung tidak perlu membuat akun, cukup email yang bisa diperlihatkan, bisa juga tidak. Bisa jadi anomim yaa kakak-kakak.

Pendukung juga bisa lihat beberapa konten eksklusif karena sudah mendukung dari konten kreatornya.

Bayarnya Bisa Pakai Apa Saja?

Tenang. Tidak kayak Netflix kok.

Pembayaran bisa dilakukan via Gopay, OVO, Dana, Link Aja, ShopeePay, dan Transfer Bank.

Sebelum kirim jumlah yang kamu inginkan, jangan lupa beri kalimat untuk konten kreator sebagai dukungan.

Mimin Besoksore.com Bisa Ditrakteer Es Krim Lho!

Ya. Bisa ditrakteer di link yang ini sebagai dukungan.

Di Goal, saya tulis judul 30 hari menulis. Semoga bisa menulis rutin 30 hari kedepan yaa.

Barangkali penasan yaa. Dana yang terkumpul akan masuk akun Trakteer.id dan bila dicairkan akan ada potongan sebesar 5%. *yaa barangkali ingin tahu.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca yaa.

Next Post

No more post

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!